Dengan Promoter, Masyarakat Puas atas Pelayanan SIM Keliling Polres Sumedang

0
275
Kasatlantas Polres Sumedang AKP Yudiono.

SUMEDANG,– Salah satu upaya Polri dalam mempermudah pelayanan sekaligus memberikan kepuasan kepada masyarakat, Polres Sumedang, Polda Jabar terus concern pada program pelayanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) keliling di wilayah hukum Polres Sumedang.

Setelah layanan SIM Keliling ini diberlakukan sejak Desember 2019 lalu, masyarakat Sumedang mengaku lebih mudah, cepat dan irit biaya dengan program tersebut.

Semisal Yanto. Warga Pagaden, Margajaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang itu mengaku, dengan adanya pelayanan SIM keliling, dirinya sangat terbantu.

“Dengan program ini, masyarakat harus berterima kasih, karena kita diberi kemudahan, hemat ongkos juga cepat. Pelayanan dari kepolisian pun menurut saya sangat oke. Mereka ramah dan terlihat setulus hati melayani,” ucap Yanto saat ditemui di Mapolres Sumedang, Jumat (31/1/2020).

Yanto menambahkan, ia mengurus perpanjangan SIM saat mobil SIM keliling berada di wilayah Kecamatan Tanjungsari beberapa waktu lalu. Awalnya Yanto mengaku tidak tahu bahwa itu mobil untuk pelayanan kepada masyarakat.

“Jadi waktu itu saya kurang tahu kalau itu pelayanan untuk perpanjangan SIM. Tapia da salah satu Polwan yang saya tanya dan  dia menjelaskan bahwa itu mobil SIM Pelayanan, akhirnya saya langsung mengurus saja waktu itu, kebetulan SIM C saya 3 hari lagi habis. Eh ternyata pelayanannya enak dan cepat. Terima kasih Polres Sumedang,” tandas Yanto.

Sementara itu, Kapolres Sumedang AKBP Dwi Indra Laksamana melalui Kasatlantas AKP Yudiono, menerangkan kendaraan khusus pelayanan ini, akan menyambangi masyarakat hingga ke tingkat kecamatan.

“Meski saat ini tingkat kepuasan masyarakat begitu tinggi atas pelayanan kami, tetapi kami tetap berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan SIM kepada masyarakat, karena ini merupakan upaya mendukung dan mewujudkan program Promoter (Profesional, modern, terpercaya). Sebaliknya, dengan mengacu pada Promoter kita akan terus meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat, khususnya dalam pelayanan SIM keliling,” ungkap Yudiono saat dihubungi, Sabtu (1/2/2020).

Ia memaparkan bahwa program Promoter memiliki tiga titik fokus, yaitu peningkatan kinerja, perbaikan kultur, dan manajemen media. Maka layanan SIM keliling ini, kata dia, juga dalam rangka meningkatkan kinerja kepolisian, khususnya Polres Sumedang.

“Sebagai institusi yang  memiliki tugas mengayomi, melindungi dan melayani masyarakat, Polri tentunya akan terus berbenah dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Soal pelayanan SIM keliling ini, silahkan manfaatkan oleh masyarakat, kami pun tidak menutup jika nanti ada saran dan kritik,” pungkasnya. [abas]