Milangkala Sahabat Binmas ke- 5, Bripka Asep: Bangun Sinergitas dengan Komunitas Menuju Kondusifitas Kamtibmas

0
50

KAB BANDUNG,- Berangkat dari Tugas pokok Bhabinkamtibmas adalah melakukan pembinaan masyarakat, deteksi dini dan mediasi/problem solving agar tercipta kondisi yang kondusif di desa binaannya dalam mewujudkan sinergitas dan kemitraan diantara aparat keamanan dengan warga masyarakat.

Untuk mewujudkan kondusifitas kamtibmas diwilayah Desa Panundaan Kecamatan Ciwidey Kab. Bandung, Bhabinkamtibmas Desa Panundaan Bripka Asef Kuswandi mempunyai ide cemerlang dengan membentuk suatu komunitas masyarakat yang dinamakan “Sahabat Binmas”.

Denga dibentuknya Komunitas tersebut masyarakat panundaan pun antusias dengan dibentuknya komunitas ini, yang paling penting mereka sangat mendukung.

Selain itu, sebgi wujud sinergiitas dan kemitraan yang aktifPada hari senin, tanggal 3 Pebruari 2020 Sahabat Binmas mengadakan syukuran milangkala yang Ke 5 sekaligus bersilaturahmi dengan warga masyatakat khususnya panundaan, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta elemen lainnya yang ada didalam masyarakat.

Bhabinkamtibmas Polsek Ciwidey Polresta Bandung Desa Panundaan Bripka Asef Kuswandi mengadakan acara tersebut setiap tahun sekali bersama komunitasnya “Sahabat Binmas” untuk lebih mempererat silaturahmi antara Polri dengan masyarakat lebih dekat.

“Kenapa Milangkala ini jatuh pada tanggal 3 Pebruari 2015, karena pada tanggal 3 Pebruari 2015 saya pertama kali diberikan surat perintah tugas (Sprint) menjadi bhabinkamtibmas desa panundaan” Ujar Asef Kuswandi.

DaIam kesempatan itu pula, Bripka Asef menjelaskan bahwa tanpa adanya kebersamaan diantara aparat keamanan dan warga masyarakat suatu hal yang mustahil keamanan dan ketertiban dapat diwujudkan, oleh karena itu diantara warga masyarakat dan aparat keamanan utamanya dari Polsek Ciwidey harus selalu ada sinergi dan kerjasama didalam menjaga keamanan dan ketertiban terutama yang ada dilingkungannya masing masing.

“Di bentuknya komunitas masyarakat (Sahabat Binmas) bentuk kedekatan antara polisi dan masyarakat. Sahabat binmas sendiri terdiri dari berbagai profesi dari mulai buruh tani, pelaku usaha, sekolah, para Ketua Rw, ustad dan warga masyarakat lainnya” ujar Bripka Asef.


“Kami mengucapkan banyak banyak terimakasih atas kehadiran bapak Bhabinkamtibmas didesa kami. Beliau sangat membantu sekali ketika ada problem solving, sambang/door to door, menghadiri kegiatan masyarakat dan lainnya,” kata Atep Supriatna yang kerap di panggil abet yang tak lain adalah ketua dalam Komunitas Sahabat Binmas.

Sementara itu, Kapolresta Bandung Kombespol Hendra Kurniawan, S.I.K melalui Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufiq, S.H mengatakan bahwa kami jajaran Polsek Ciwidey akan terus mengedepankan anggota Bhabinkamtibmas sebagai duta dalam membangun kemitraan bersama aparatur pemerintah, organisasi sosial kemasyarakatan, bahkan dengan apa yg dilalukan bripka Asef ini sangat bagus sekali melalui “Sahabat Binmas” ini diharapkan akan dapat memperkuat terjalinnya sinergitas serta kekompakan dalam upaya untuk menjaga kondusifitas kamtibmas di wilayah hukum Polsek Ciwidey khususnya umumnya Polresta Bandung.

Yadi