Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufiq, S.H Berikan Arahan Bhabinkamtibmas Jajaran

0
61

KAB, BANDUNG,-Bhabinkamtibmas merupakan salah satu garda terdepan dalam konsep pemberdayaan keamanan di wilayah. Bintara polisi yang ditempatkan di desa ini, sehari-hari berkutat di pedesaan dan bertugas membina masyarakat terkait dengan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah binaannya yaitu tingkat desa.

Berangkat dari peran strategis tersebut, Kapolresta Bandung Kombespol Hendra Kurniawan, S.I.K melalui Kapolsek Ciwidey AKP Ivan taufiq, S.H secara khusus memberikan arahan kepada Bhabinkamtibmas jajarannya di Markas Komando (Mako) Polsek Ciwidey. Jumat (07/02/20).

Turut hadir dalam arahan tersebut antara lain, Kanit Binmas Polsek Ciwidey IPTU Yaya Sunarya, S.H dan seluruh personel Bhabinkamtibmas jajaran Polsek Ciwidey.

AKP Ivan mengatakan, dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Bhabinkamtibmas memiliki partnership yang terdiri dari 3 pilar yakni Kepala Desa dan Babinsa.

Sebagai pioner dalam bidang Kamtibmas, seorang Bhabinkamtimas  wajib mengetahui segala permasalahan yang ada di desa binaan termasuk didalamnya adalah sumberdaya manusia, sumberdaya alam termasuk potensi konflik maupun gangguan Kamtibmas yang menyertainya.

“Tidak semua permasalahan harus diselesaikan dengan mekanisme hukum. Disini peran Bhabinkamtibmas dibutuhkan sebagai perangkat problem solving bersama unsur 3 pilar.”Jelas AKP Ivan.

“Inilah perlunya mapping kerawanan sehingga setiap permasalahan yang muncul dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat, selaras dengan tujuan Kamtibmas kondusif” Imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, perwira pertama asli cicalengka ini juga menyinggung tentang tren kejahatan saat ini yang berbasis teknologi yang memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Tweeter (medsos) sebagai sarana, maka dari itu peran Bhabinkamtibmas pun harus bisa mengimbangi perkembangan zaman yang sudah modern ini agar masyarakatnya pun tahu juga kegiatan polisi bhabinkamtibmas ini.

Kapolsek juga meminta agar Bhabinkamtibmas aktif melakukan tatap muka dan bersinergi dengan tokoh masyarakat untuk memberikan edukasi bijak bermedia sosial.

“Tugas utama Bhabinkamtibmas terletak pada pola preemtif dan preventif atau pencegahan. Lakukan sowan tokoh, sambang masyarakat, tatap muka, ikut pengajian sehingga Bhabinkamtibmas sebagai miniatur Polri hadir ditengah masyarakat” Ucap AKP Ivan

Sebagai bentuk pengawasan, AKP Ivan pun menegaskan, dirinya akan melakukan sidak langsung kedesa-desa bertemu dengan tokoh masyarakat sekaligus menanyakan terkait dengan keaktifan masing-masing Bhabinkamtibmas. Pihaknya tak segan-segan akan mengganti jika dirasa Bhabinkamtibmas tidak bekerja optimal.

Yadi