Sektor 21 Deklarasi Kurangi Sampah Plastik Di wilayah sekolah

0
116

CIMAHI – Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, M. Ronny mengunjungi tiga SDN di Kota Cimahi, Senin pagi (10/2).

Kedatangan Dansektor 21 dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup guna memastikan para siswa sudah tidak menggunakan makanan berbungkus plastik.

Ke tiga SDN itu diantaranya, SDN 3 Mandiri Citeureup, SDN 2 Mandiri dan SDN 5 Mandiri.

“Semuanya sudah bagus serta sudah pula melaksanakan program zero waste (nol sampah plastik)”, kata Yusep.

Yusep menganjurkan para siswa sejak dari rumah membawa makanan dan minumannya menggunakan wadah misting dan tumbler sehingga jika mereka jajan dan bungkusnya plastik bungkusnya diserahkan lagi pada pedagang.

“Ini bukti ampuhnya sosialisgasi pengurangan plastik sehingga dapat dicapai zero waste dan ini juga terbukti di SDN itu dalam seminggu hanya ditemukan selembar plastik bungkus makanan,” tegas Yusep.

Kolonel Yusep berharap dalam mencapai zero waste ini, semua SD di Cimahi menjadi teladan bagi semua siswa dari mulai SD, SMP dan SMA di Jawa Barat dan mungkin di seluruh Indonesia.

Sementara Kepala SDN Mandiri 2, Hk. Anne Rufaidah menyebutkan, semua siswa di sekolah ini sudah lama melaksanakan program membawa bekal makanan dan minuman dari rumah dengan wadah misting dan tumbler.

“Saya mengapresiasi aparat Dinas Pendidikan yang selalu mengingatkan masih ditemukannya sampah di halaman sekolah”, lanjut Hj. Anne Rufaidah.

Hj. Anne berharap aparatur pemerintah lainnya untuk memberikan peraturan kepada produsen bungkus plastik tidak lagi memroduksinya.*

Elly