Melalui Seleksi Betah, 7 Calon SIPSS Polda Jabar Lolos ke Tingkat Panpus

0
568

BANDUNG,-Melalui tahapan seleksi yang bersih, transfaran, akuntabel dan humanis ( Betah). Polda Jawa Barat melaksanakan sidang terbuka penetapan kelulusan tingkat panda Polda Jabar melalui Vicon bersama Panpus Mabes Polri dalam rangka Penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana ( SIPSS ) TA 2020 bertempat di Aula Djayalaksana Mapolda Jabar Rabu (12/02/2020).

Kegiatan dipimpin Karo SDM Polda Jabar Kombes Pol Solichin selaku Ketua Pelaksana, dan dihadiri, Katim/Wakatim seleksi, Panitia sekretariat Ro SDM, Panitia seleksi internal dan eksternal, Pengawas internal Itwasda, Bid Propam, Bid TIK, Pengawas eksternal IDI, Himpsi, Lsm Gp Anshor, Wartawan serta Orang tua/wali peserta seleksi dan Peserta seleksi.

Adapun rangkaian kegiatan, diawali dengan Registrasi peserta seleksi, sambutan Karo Dalpers SSDM Polri, sterilisasi perangkat IT yg digunakan utk sidang oleh BSSN, paparan Kabag Diapers Ro Dalpers SSDM Polri, input data oleh operator, Verifikasi data hasil seleksi, penentuan kuota kirim tes tingkat Panpus pada masing2 prodi, pembacaan peserta yang lulus terpilih dan lulus tidak terpilih, serta Penandatanganan berita acara.

Hasil sidang tingkat Panda Polda Jabar, melalui vikon dengan Mabes Polri peserta yg Lulus Terpilih berhak mengikuti tes tingkat Panpus 7 Orang Pria terdiri dari Prodi S1 Kedokteran Umum 2 Orang, Prodi S1 Sistem Informasi 1 Orang,Prodi S1 Multimedia/DKV 2 Orang, Prodi D IV Ahli Nautika Tk III : 1 Orang,Prodi D IV Ahli Teknika Tk III :1 Orang,

Sementara yang lulus tidak terpilih 2 orng pria dari kejuruan Prodi D IV Ahli Nautika Tk III

Karo SDM Polda Jabar Kombes Pol Drs. Solichin dalam sambutanya menyatakan bahwa penerimaan calon siswa Penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) TA 2020 ini benar-benar Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (BETAH).

“Penerimaan Calon SIPSS ini dilaksanakan dengan prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (BETAH) clear and clean, jadi tidak bisa ada titip-titipan meskipun saudara atau panitia sendiri, karena proses ini melibatkan banyak pengawas baik dari internal atau eksternal polri. Jadi berusahalah menjadi yang terbaik untuk bisa menjadi bagian dari kami”, tutur Karo SDM

“Saya ucapkan selamat kepada calon siswa yang terpilih lolos, ini bukan akhir perjalanan kalian melainkan awal perjalanan kalian yang terpilih dalam menjalani tugas untuk mengabdi kepada masyarakat” jelas dia.

Dikatakan Karo SDM, Setelah melalui berbagai proses seleksi mulai dari Pemeriksaan Admisnitrasi (RIKMIN) Awal, Rikkes tahap 1, Rikkes Tahap 2, tes PMK (Penelusuran Mental dan Kepribadian), tes Psikologi dan Rikmin akhir dinyatakan 9 calon siswa pria Namun setelah diurutkan berdasarkan rangking dan kuota yang diterima dari mabes Polri maka terpilihnya 7 Orang terbaik yang akan berangkat ke Jakarta.

“Peserta yang dinyatakan Lulus tidak terpilih dilaksanakan bimbingan konseling oleh Tim Konseling Bag Psikologi Ro SDM di Ruang Promoter Ro SDM, sementara Peserta yang dinyatakan Lulus terpilih dilaksanakan arahan teknis oleh Kabag Dalpers Ro SDM” pungkasnya.

Dari pantauan PATROLI yang merupakan salah satu tim Pengawas Eksternal dalam proses seleksi tersebut, setelah melihat langsung proses seleksi tahapan demi tahapan, reksrutmen Polri khusunya Polda Jabar benar- benar bersih, transfaran, akuntbel dan humanis.

Yadi