Pemkab Sumedang Minta Hak Pengembangan Jatigede

0
197
Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan bersama Sekertaris Daerah Herman Suryatman, Asisten Pemerintahan Teddy Mulyono, Kadis Perkim dan Pertanahan Gungun Ahmad Nugraha, Kabid Prasarana dan Pengembangan Wilayah Bappppeda Ade Sunardi melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Selasa (11/02/2020).

SUMEDANG,– Untuk melakukan konsultasi, Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan bersama Sekertaris Daerah Herman Suryatman, Asisten Pemerintahan Teddy Mulyono, Kadis Perkim dan Pertanahan Gungun Ahmad Nugraha, Kabid Prasarana dan Pengembangan Wilayah Bappppeda Ade Sunardi melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian  Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Selasa (11/02/2020).

Dalam kunjungannya rombongan pejabat Kabupaten Sumedang ini berkonsultasi mengenai pengelolaan tanah di Jatigede.

Erwan memohon agar Pemda Sumedang diberikan hak dan wewenang untuk mengelola lahan dan pembangunan di Jatigede.

“Maksud dari tujuannya ialah agar nantinya pemda dapat merawat dan mengembangkan potensi yang dimiliki, sehingga manfaatnya akan diterima langsung oleh Kabupaten Sumedang,” ungkap Erwan kepada wartawan.

Pihaknya juga meminta dirjen untuk datang ke Kabupaten Sumedang guna mengecek langsung kondisi Jatigede dengan berbagai potensi wisatanya.

“Karena kami juga akan menjadikan Jatigede ini sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK),” jelas Erwan.

Dia mengakui, hingga saat ini Pemkab Sumedang masih belum mendapatkan manfaat yang benar-benar signifikan dari adanya bendungan Jatigede.

“Kami meminta untuk hak-hak pengelolaan di sana dipercayakan kepada kami. Nantinya akan kami tumbuhkembangkan lagi di sektor wisatanya, agar kami dapat lebih menerima manfaatnya,” ucapnya.

Erwan berharap, berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh daerah dan pemerintah pusat dapat sejalan dengan yang ada di lapangan.

“Jangan sampai banyak potensi dari sektor pariwisata dan lainnya tapi tidak ada manfaatnya untuk Sumedang karena tidak sejalannya kebijakan yang dikeluarkan,” tandasnya. [Abas]