Resmikan Posko E-Dumas Polda Jabar, Irwasum Polri: Masyarakat Lebih Mudah Sampaikan Pengaduan

0
223

BANDUNG,-Sebagai upaya Polri dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, sekaligus mempasilitasi pelayanan pengaduan setiap keluhan masyarakat. Kepolisian Daerah jawa Barat resmikan Posko E-Dumas. Jum’at (14/02/2020).

Peresmian Posko Edumas Polda jabar di Pimpin Langsung Irwasum Polri Komjen Pol Muchgiarto didampingi Kapolda Jabar Ir Jen Pol DrsRudi Sufahriady, dan Wakapolda Jabar Brigjen Pol Ahmad Wiyagus berseta seluruh Pejabat Utama dan Kapolre/ Kapolresta jajaran polda Jabar.

“Pada pagi hari ini saya diundang Pak Kapolda untuk meresmikan posko aplikasi e-dumas terpadu, posko ini di bangun supaya betul-betul menampung aspirasi masyarakat yang mempunyai permasalahan.” tutur Irwasum Polri Komjen Pol Mochgyarto kepada wartawan.

Dikatakannya, jenis laporannya mungkin dalam prosesnya itu terjadi keterlambatan dan lain sebagainya, mereka bisa melaporkan ke dumas terpadu, Ini akan dintindak lanjuti, supaya betul-betul apa yang dilaporkan oleh masyarakat itu bisa di tanggapi.

Menurutnya, setiap laporan itu bisa di klasipikasi, apakah laporan itu bisa benar, dan ada juga lapooran kadang-kadang tidak benar, makanya nanti kita akan jelaskan di situ, kalau laporannya benar, maka itu akan ditindak lanjuti, dan jika aporannya tidak benar maka laporannya itu kita anggap selesai, dan itu akan di klasipikasikan oleh operator yang ada di posko dumas terpadu.

Lebih lanjut di katakan Pria yang pernah menjabat Kapolda Jabar beberapa tahun silam, dalam hal ini mereka tidak hanya dari jajaran itwas, namun terlibat jajaran provam, bidkum dan dari wasidik.

“Pungsi pengawasan 4 satker yang ada di Polri ini bekerja bersama-sama. sebeumnya penanganan laporan bekerja secara sendiri-sendiri” tandasnya.


“Nah sekarang kita akan menjadikan suatu sinergi, dan Alhmdulillah pa Kapolda Jabar sudah membuat inisiatip dengan membuat aplikasi lebih mudah aksesnya masyarakat. Kitapun bisa mengetehaui sejauh mana penanganan dumas yang sudah kita Laporkan” kata dia.

Untuk pemberdayaan Polsek, tambah Irwasum, untuk mendukung Polri semakin membaik, senantiasa kita harus memberikan dan mengembangkan kemampuan rekan- rekan di Polsk, supaya mereka tambah semakin mampu untuk mengantisipasi dan mencegah juga bisa menanganai berbagai permasalahan yang ada di setiap polsek masing-masing.

“Ini merupakan yang pertama, maka kita hadirkan para irwasda seindonesia dan saya perintahkan untuk mencontoh ini, bis- bisa seindonesia, tapi saya perioritaskan dulu Polda tipe A, seperti Jawa, Bali Susles dan Susmut” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolda Jabar Irjen Pol Drs Rudy Sufahriadi mengatakan. Tujuan e dumas ini adalah memudahkan pasilitas Laporan masyarakat.


“Yang paling penting adalah saya selaku pimpinan Polda Jabar, ingin cepat tahu apa keluhan masyarakat, dan keluhan masyarakt di tingkat polsek dan polres” bebernya.

Dikatakan Kapolda, masyarakat tidak perlu lapor kemana-mana, ada yang lapor ke Wasidik,ke Provam, ke Itwasda, sekarang bisa laporan ke e dumas, semua bisa menampung dan ke satu tempat, kita menyelesaikan di situ laporannya kita akan tindak lanjuti, mau kemana akan diapakan laopran ini nanti kita bahas sama-sama.

“Selama ini kita belum banyak menerima laporan,tapi dengan adanya posko e dumas ini mungkin bisa lebih banyak. untuk masalah laoran palsu, nanti kita terima dulu laporannya” tutup Kapolda Jabar.

Yadi