Tindak Lanjuti Surat Edaran, KPU Sumedang Jalin Kerja Sama dengan Berbagai Pihak

0
955

SUMEDANG,– Untuk menindaklanjuti surat edaran terkait pendidikan pemilih berkelanjutan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat, Ketua KPU Kabupaten Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi mengunjungi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang. Kedatangan Ogi dan rombongan diterima langsung Ketua DPRD Kabupaten Garut, Irwansyah Putra, Jum’at (14/2/2020).

Kepada wartawan, Irwansyah mengungkapkan kedatangan KPU menandai sebuah kolaborasi yang bagus karena KPU memiliki peran strategis dalam rangka membina demokrasi di Indonesia.

“Tentunya masyarakat juga perlu dicerdaskan terlebih dahulu agar tugas-tugas KPU menjadi lebih ringan atau juga bisa selaras. Kami menyambut baik niat dari KPU untuk bekerja sama dengan kami berikut instansi lainnya,” katanya.

Sementara Ogi Ahmad Fauzie mengaku, pihaknya akan bekerja sama dengan DPRD juga instansi terkait lain di Sumedang sebagai tindaklanjut surat edaran dari KPU Jabar.

“Selain ke DPRD, kami sudah melakukan kunjungan juga ke kantor Kesbangpol, Dinas Sosial (Dinsos) dan dinas lainnya. Yang jadi pembahasan pokok, tentu kami inginkan adanya pendidikan bagi pemilih secara berkelanjutan agar kedepannya bisa bersinergi menghadapi Pemilu mendatang,” ujarnya.

Selain itu, imbuhnya, melalui DPRD pihaknya mengharapkan ada skema penganggaran saat menghadapi momentum Pemilu atau Pilkada mendatang.

“Oleh sebab itu, hari ini kami mengajukan skema 3 tahun, jadi ada berapa tahapan dulu yang mesti dilalui sehingga 3 tahun sebelum pemilihan itu sudah dialokasikan anggarannya,” terang Ogi.

Ogi menambahkan, tujuannya adalah agar tidak terlalu membebankan anggaran daerah. Jadi, kalau misalnya dicicil begitu setidaknya di tahun Pemilu ataupun Pilkada selanjutnya tidak terlalu berat.

“Kami harap kedepan pendidikan terhadap pemilih, sosialisasi dan kegiatan lainnya bisa dijalankan lebih awal sebab, dinilai akan sangat efektif. Terlebih, partisipasi pemilih yang berkualitas juga akan meningkat,” katanya.

Disisi lain, tandas Ogi, setiap menghadapi Pemilu atau Pilkada, anggarannya pun dipastikan mengalami peningkatan kendati tidak terlalu signifikan. [Abas]