Gelar Sabuk Gunung, Sektor Pembibitan Harapkan Masyarakat Jaga Lingkunga

0
191

Gelar Sabuk Gunung, Sektor Pembibitan Harapkan Masyarakat Jaga Lingkungan

KERTASARI – Upaya-upaya percepatan Citarum Harum terus dilakukan di setiap Sektor. Penanaman pohon terus dikembangkan Sektor Pembibitan di Kp. Pejaten Desa Tarumajaya Kec. Kertasari Kab. Bandung.

Menurut Dansektor Pembibitan Kol. Kav. Dwi Haryoko, pada Kamis (20/2-2020) menggelar Sabuk Gunung yakni penanaman berbagai jenis bibit pohon keras untuk percontohan.

Penanaman bibit pohon ini, kata Kol. Kav. Dwi Haryoko, dilaksanakan di sepanjang jalan ke gunung. Melalui acara ini diharapkan tumbuhnya kesadaran dari masyarakat untuk tetap menjaga dan memelihara pepohonan untuk menghindari bencana longsor.

Dansektor Pembibitan menjelaskan, upaya penghijauan ini di Kp. Cirawu Kec. Kertasari di area sepanjang 350 meter dan lebar 20 meter.

Jenis pohon yang ditanam, katanya, mahoni, puspa, eukaliptus masing-masing 60 bibit pohon, serehwangi 212 bibit dan vertiver 106 bibit pohon.

“Kami berharap, kata Kolonel Dwi, tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk melestarikan khususnya kawasan hutan dan lahan kritis serta pengembangan tanaman keras dan kemandirian kolektif masyarakat untuk mencegah bencana longsor pada musim hujan dan kekeringan di musim kemarau.”

Dalam acara penghijauan ini, katanya, Sektor Pembibitan mengerahkan 85 personil dihadiri Dansektor 1 Kol. Inf. Inget Barus, Dansektor 2 Kol. Inf. Mulyono HS beserta serta melibatkan
jajaran staf PTPN VIII kebun kertamamah, Camat serta para Kades Kec. Kertasari.*

Elly Susanto