DPRD Jabar Pantau Kesiapan KPU dalam Menghadapi Pilkada Serentak 2020

0
1713

KAB. BANDUNG,– Menjelang dihelatnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat memastikan agar sejumlah daerah yang melaksanakan pilkada serentak benar-benar siap.

Seperti dilakukan Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat yang melaksanakan kunjungan kerja ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung dalam tahapan persiapan Pilkada Serentak Tahun 2020, Rabu (12/2/2020).

Selain itu, kunjungan ini juga guna mengingatkan penyelenggara Pilkada memiliki beban tugas yang cukup berat, terutama dalam menjaga prosses jalannya persiapan tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020.

Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Sadar Muslihat mengatakan, terkait penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Bandung, saat ini sedang melakukan persiapan baik administratif maupun fasilitas penyelenggaraan pilkada.

“Tentunya kita menyadari, tugas berat akan dihadapi penyelenggara pemilu, sehingga menjadi sangat penting untuk kita tinjau ke daerah penyelenggara Pilkada Serentak 2020,” jelas Sadar, di kantor KPU Kabupaten Bandung.

Sadar juga tidak menampik masih adanya sejumlah persoalan yang menjadi bagi KPU kabupaten/kota di Jawa Barat dalam penyelenggaraan pilkada serentak tersebut.

Di Kabupaten Bandung, kata dia salah satu kendala yang dihadapi yakni dengan adanya larangan honor bagi ASN yang dilibatkan di KPU-KPU kabupaten/kota.  Berbeda dengan KPU kabupaten kota lainnya yang cenderung terkendala bangunan kantor KPU atau sarana infrastruktur yang tidak memadai

“Beberapa waktu lalu kita sudah mengunjungi tiga KPU didaerah dengan kondisi gedung yang tidak memadai,“ katanya.

Karena itu, lanjut Sadar, perlunya perhatian dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk menghasilkan pemilu yang bersih dan juga menciptakan pemimpin yang bersih.

“Semuanya bermula dari pemilu yang bersih untuk menghasilkan pemimpin yang bersih,” tutupnya/ (nang)