Personel Polres Cirebon Kota Diasah Menembak

0
409

CIREBON,- Bertempat di lapangan tembak Tunggul Manik Tunggal Gada Pelopor Sat Brimobda Den C Polda Jabar, Jalan Pangeran Cakrabuana, Kabupaten Cirebon, Polres Cirebon Kota menggelar latihan menembak bersama, hal ini guna meningkatkan kemampuan anggota dalam menggunakan senjata api (senpi), Rabu (25/03/2020).

Kegiatan ini merupakan yang kedua Polres Cirebon Kota menggelar latihan menembak, sebelumnya bulan lalu dilaksanakan juga pada hari Rabu.

Latihan menembak dipimpin langsung Kapolres Cirebon Kota AKBP Syamsul Huda yang sebelumnya diambil apel terlebih dahulu oleh Danyon C Pelopor sat brimob polda jabar AKBP Muhammad Andri, dan diikuti para Pejabat Utama (PJU), kapolsek jajaran dan seluruh anggota pemegang senpi.

Sebelum melakukan latihan menembak, anggota mendapat bimbingan teknis pengetahuan pengoperasionalan senjata laras pendek oleh Aiptu Otang Suryadi (Danton 3 Kompi 2) dan Aiptu Budi Santoso (Balog), setiap peserta harus memahami cara menggunakan senjata termasuk dalam menjaga keamanan saat menggunakannya.

Dalam kesempatan latihan menembak kali ini untuk senjata yang dipergunakan untuk hari ini adalah MPX sub machine 9 mm untuk laras panjang dan AK102.

Kapolres Cirebon Kota disela sela latihannya melalui  Kasubbag Humas Polres Cirebon Kota  Iptu Ngatidja SH MH menjelaskan, tujuannya adalah untuk memelihara dan mengasah kemampuan personel Polres Cirebon Kota dalam hal menembak menggunakan senjata api.

“Selain itu, tujuannya adalah dalam mendukung pelaksanaan tugas di lapangan, sehingga dalam bertugas polisi harus memiliki kemampuan dan keterampilan menembak yang baik, dan latihan menembak ini merupakan kegiatan program yang secara rutin akan saya laksanakan,” ungkap AKBP Syamsul Huda yang juga pernah mengikuti FBI National Academy dan pelatihan di navsciatts – US Navy ini.

Ditambahkan, dDengan latihan rutin menembak diharapkan personel yang sudah mempunyai izin pinjam pakai senjata api lebih bisa menguasai cara penggunaan senjata, mulai dari penguasaan teknik menembak secara benar sampai bagaimana cara mengatur emosi diri ketika mulai mencabut senjata.

“Yang terpenting ketika di lapangan dan berhadapan langsung dengan pelaku kejahatan, anggota dapat lebih terampil dalam mengambil tindakan menembak sesuai sasaran untuk melumpuhkan, bukan mematikan,” jelasnya.

Latihan menembak pada saat ini adalah menembak reaksi yang dipandu oleh bintara latihan dari Brimob yaitu Aipda Robin Majid (Ba Latihan), Bripka Trisno sugiharto (Ba Latihan) dan Bripka Sophian (Ba Latihan). [One-to]