PT. Panca Jaya Sejati Tidak Menghasilkan Limbah Cair

0
681

BANDUNG – Dansektor 21 Satgas Citarum Harum Kol. Inf. Yusep Sudrajat mengapresiasi kinerja Subsektor 10 Margaasih yang tetap rutin mengontrol pabrik-pabrik untuk mengantisipasi pabrik membuang limbah kotor ke sungai.

Selasa kemarin (24/3) Satgas Citarum Harum Subsektor 10 setelah patroli sungai juga mengecek pabrik PT. Panca Jaya Sejati (PJS) yang bergerak di bidang fishing line (tali pancing) dan fishing net (jaring keramba)no 182 Margaasih, Jl. Nanjung No.km 4, Margaasih, Kab. Bandung.

Kepala Bagian Operasional PT. PJS, Sanjaya Lasmana disertai HRD Daud Ismullah saat menerima Satgas Subsektor 10 menjelaskan, pabrik tidak menggunakan atau menghasilkan limbah cair.

Untuk pemrosesan benang, pabrik menggunakan masterbatch konsentrat warna yang sudah dipadatkan dengan aneka warna. Karena itu, pabtik tidak menggunakan IPAL sebab, pemrosesannya tidak menggunakan sistem pencelupan, ucap Sanjaya Lesmana.

Sementara Dansubsektor 10 Serka Bangbang Hermawan, menjelaskan, ceking ke pabrik-pabrik merupakan upaya pengawasan dan sosialisasi agar setiap perusahaan selalu memperbaiki upaya upaya pengolahan limbah.
“Hingga saat ini, kata Serka Bangbang, Satgas Subsektor 10 belum pernah menerima laporan dari masyarakat ada pabrik yang membuang limbah kotor ke sungai.”

Elly Susanto