Kebakaran di PT. Wistek Diduga Konsletnya Blower Penyedot Debu

0
394

RANCAEKEK – Bagian boiler penyedot debu PT. Wistex/ Bina Usaha Prima di kampung Cikijing RT 03 RW 10, Desa Linggar Kec. Rancaekek Kab. Bandung, terbakar pada Jumat sore (27/3) sekitar pukul 17.46 Wib.

Satgas Subsektor 01 Rancaekek, Serka Mulyana menjelaskan, berdasarkan laporan saksi, api diduga berasal dari konsletnya kabel listrik yang sudah tua dan tidak kuat lagi menahan panas sehingga mudah terbakar. Selanjutnya percikan api mengenai karung berisi kapas dan kain hingga api membesar dan menghanguskan isi pabrik.

Menurut saksi Ujang, Satpam di perusaan tersebut, berdasarkan laporan dari Agus salahsatu karyawan pabrik, api mulanya berasal dari bagian atap pabrik diawali suara bunyi ledakan disertai keluarnya percikan api.

Api dapat segera dipadamkan pada pukul 20.40 Wib dengan bantuan Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Kab. Bandung, Kab. Sumedang, PT Kahatex dan PT Polifin Majalaya. 20 unit damkar tiba di lokasi kejadian.

Pemadaman mendapat mengamanan dari Koramil 2401/Rancaekek, Satgas Citarum Harum Sektor 01 Rancaekek, Polsek Rancaekek dan Brimob Polda Jabar.

”Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, api dapat segera dipadamkan. Tadi saya sempat khawatir karena lokasi pabrik Wistex berdempetan dengan Pom bensin Al Masoem sehingga berpotensi api merembet kesana”, ujar Serka Mulyana.

Menurutnya peristiwa ini murni kelalaian pihak pabrik karena membiarkan kabel yang sudah tua masih tetap difungsikan.
Padahal, katanya, sudah dingatkan oleh karyawannya tetapi tidak diindahkan.**

Elly