Ketum YKIM: Kami Siap Antar Jansen Bertemu Wapres

0
372

JAKARTA,– “Kita di sini saya belum melihat @Kiyai_MarufAmin memegang tugas spesifik dalam penanganan corona ini. Terlihat Presiden kerja sendiri seakan-akan kita tak punya Wapres,” kata Politikus Partai Demokrat, Jansen Sitindaon di Twitter pribadinya yang menjadi viral dan menuai pro-kontra ini.

Namun hal itu dianggap Ketua Umum Yayasan Kerja Indonesia (YKIM) Denny D. Kustia sebagai pelecehan terselubung, apalagi membandingkan KH. Maruf Amin dengan Wapres Amerika Mike Pence karena menjadi Chair of Coronavirus Task Force dalam arti Mike lebih baik dari KH. Maruf Amin dalam penanganan Covid 19.

“Saya merasa statemen Jansen ini tendesius, kurang elok disampaikan dalam situasi prihatin seperti ini. Membuat luka ditatanan grassroot, bahaya ini,” ujar Denny, di Jakarta, Senin (30/3/2020).

Cuitan Jansen memang menjadi viral dalam beberapa hari ini, dia menyoroti sikap pemimpin negara Indonesia yang berbanding terbalik dengan Amerika Serikat dalam penanganan Covid 19. Dimana di negara AS tersebut peran presiden dan wakil presiden seimbang dibandingkan dengan Presiden Jokowi- Wapres KH.Maruf Amin.

Kritik Jansen itu disampaikan melalui cuitan di akun Twitter pribadinya. Termasuk melakukan perbandingan posisi dan kerja Wapres AS Mike Pence dengan KH. Maruf Amin. Dimana menurut Jansen peran KH. Maruf  belum terlihat ikut serta dalam  penanggulangan virus corona.

“Jansen menilai Presiden Joko Widodo seolah bekerja sendiri, Dan Jansen tidak melihat peran KH.Maruf di sini. Jansen mempertanyakan peran KH. Maruf? Adabnya Jansen datang saja ke kantor wapres, jika temuannya demikian, mungkin itu lebih beretika mengingat lagi Wapres adalah ulama sepuh dengan puluhan juta pengikutnya. Jansen lupa kemenangan Jokowi saat pilpres dengan angka diatas 70 juta itu berkat adanya suara dari para pengikut, ulama, santri yang berada dibelakang KH.Maruf. Jadi upaya Jansen mengaduk-aduk emosi pengikut KH.Maruf akan gagal, bahkan akan menjadi bom waktu bagi Jansen sendiri. Jika Jansen tidak tahu alamat kantor wapres, Inshaa Allah kami siap mengantarnya,” ujar Denny.

Sosial media. Tuturnya, tidak selamanya positif, maka hanya orang orang pilihan yang mampu memenejnya.

“Jika Jansen memang tidak sejalan dengan pemerintahan saat ini, banyak saluran komunikasi lain yang dapat dilakukan. Sebagai orang yang lebih muda usia, salah satunya adalah dengan silaturahmi. Itu lebih beradab, beretika dan professional,” katanya.

“Ibarat dalam satu rumah tangga, peran suami dan istri itu saling melengkapi, demikian pula dalam manajemen negara, Presiden dan Wapres Indonesia itu mempunyai porsi tersendiri dalam satu tujuan.  Ibarat sapu lidi keduanya saling menguatkan. Saya yakin Presiden Jokowi pun akan menjadi kurang simpatik kepada Jansen karena hal ini,” tutup Denny.

Dalas sistem ketatanegaraan Republik Indonesia yang berdasarkan UUD 1945 telah jelas mengatur tentang kedudukan dan tugas presiden dan wakil presiden , yaitu dalam Pasal 4 ayat (1) dan (2) UUD 1945, Pasal 6 ayat (2) ,7,8,9 UUD 1945 tentang kedudukan seorang wakil presiden tidak dapat dipisahkan dengan presiden sebagai satu kesatuan pasangan jabatan yang dipilih secara langsung melalui pemilihan umum. Namun, kedudukan wakil presiden jauh lebih tinggi dan penting dari jabatan menteri. (PpRief/RL)