Pembuatan Tanggul di Bantaran Sungai Cidurian Desa Buahbatu

0
133

KAB. BANDUNG – Pembangunan tanggul secara swadaya oleh pihak swasta, Bentang Artha sedang dalam tahap pengerjaan. Tanggul sepanjang 600 meter dan setinggi 150 sentimeter ini dibangun di bantaran sungai Cidurian, tepatnya di kampung GBI, desa Buahbatu, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

Dengan dibangunnya penambahan tanggul ini, warga berharap resiko banjir luapan air sungai dapat diatasi dan warga terbebas dari serangan banjir yang kerap melanda kampung Rancaoray di Desa Buahbatu.

Ratim, salah seorang warga RT 02 RW 01 kampung Rancaoray saat ditemui di lokasi pengerukan, Senin (8/4), menyatakan apresiasinya kepada Sektor 21 yang telah mengeruk sungai Cidurian serta pihak pengembang Bentang Artha Residence yang peduli dengan ditinggikannya tanggul di sungai itu.

“Dulu tanggul hanya setinggi 100 meter, dengan adanya penambahan tanggul ini warga sudah tidak begitu waswas lagi karena banjir. Jadi warga bisa tentram,” ujar Ratim.

Ratim bersyukur dengan kehadiran Satgas Citarum Harum, sungai Cidurian dikeruk dan ada penambahan tinggi tanggul. Ia berharap air sungai bisa langsung mengalir dan tidak tersendat lagi.

Satgas Subsektor 04 Cidurian, Peltu Amran,mengemukakan, pengerjaan penambahan tinggi tanggul sungai dikerjakan berbarengan dengan pengerukan sedimentasi yang dilakukan Satgas Citarum Harum Sektor 21 di wilayah Subsektor 04 sungai Cidurian.

“Kalau untuk pengerukan dilakukan sudah hampir satu kilometer dari total tiga kilometer, mulai dari batas jalan tol sampai Kampung Ranca Oray,” jelas Peltu Amran.

“Mudah-mudahan sisa pengerukan 2 km lagi bisa secepatnya diselesaikan agar aliran sungai lancar, tidak meluap membanjiri perkampungan,” harapnya.*