Jaja, Warga Desa Linggar : Desa Kami Tidak Banjir Lagi

0
103

RANCAEKEK – Jaja, warga Desa Linggar Kec. Rancaekek atas nama warga Desa Linggar berterimakasih kepada Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 01 Rancaekek Kab. Bandung yang mengeruk sedimentasi sungai Cimande hingga saat ini desanya tidak terlanda banjir lagi.

Jaja mengatakan, sebelumnya pada 2017 sungai Cimande pernah dikeruk oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) namun banjir masih melanda Desa ini dan sempat terhenti dengan kondisi masih terlanda banjir.

Namun tahun 2019, kerjasama BBWS dengan Satgas Citarum Harum untuk mengeruk sedimen di sungai Desa ini sudah mulai tidak kebanjiran lagi hingga musim hujan tahun 2020.

“Sekarang ini, ujar Jaja saat diajak membicarakan sungai Cimande yang sering meluap saat musim hujan, Desa kami tidak terlanda banjir lagi. Ini karena sungai Cimande tidak meluap lagi walau masih dikeruk.”

Dansubsektor 01, Serka Mulyana menjelaskan pula, kali ini pengerukan sungai Cimande masih dilaksanakan BBWS bersama Satgas Citarum Harum Sektor 21 mulai tahun 2019 setelah terhenti tahun 2017.

Ia mengatakan, sungai Cimande berada di Desa Linggar yang mengalir ke sungai Citarik terus mengalir langsung ke sungai Citarum.*

Elly