Satgas Serka Mulyana ; Kondisi Ipal PT. Senotexindo Terpantau Baik

0
120

RANCAEKEK – Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 01 Rancaekek tetap beraktivitas membersihkan sampah di sungai, selalu mengecek instalasi pembuangan air limbah pabrik.
Seperti yang dilaksanakan Satgas Subsektor 01 pada Kamis kemarin (9/4-2020) ke PT. Senotexindo Jaya Lestari (SJL) di Km. 25,5 Bandung-Garut yang bergerak dalam pencelupan benang dan kain ini tetap konsisten mengikuti anjuran dari Satgas Citarum Harum dan Dinas Lingkungan Hidup.

Giman, HRD PT. SJL didampingi Nanang teknisi Ipal, menjelaskan, untuk instalasi pengolahan air limbah sudah ada sejak awal pabrik beroperasi dan kualitas air limbah terus diupayakan mengikuti baku mutu Dinas Lingkungan Hidup.

Menurut Giman, begitu Citarum Harum digaungkan, Satgas meminta saluran pembuangan air limbah jangan memakai pipa tetapi harus terbuka.
Untuk membuktikan kualitas airnya, Satgas menganjurkan memelihara ikan di outlet. Jika ikan hidup di outlet, tandanya kualitas airnya sudah baik.

Sementara, setiap hari pabrik ini memroduksi air limbah rata-rata 120 meter kubik dengan menggunakan metode biologi kimia dan fisika.

Dansubsektor 01 Rancaekek, Serka Mulyana menjelaskan, dari pantauan Satgas Subsektor 01, buangan limbah cair yang diolah pabrik tetap konsisten mengikuti anjuran Satgas.

Serka Mulyana, menilai dari pemeriksaan rutin di aliran sungai mau pun lokasi pengolahan limbah terpantau baik. Ini terlihat hidupnya ikan di outlet akhir.*

Elly