Positif Covid-19, Tujuh Karyawan PT Kahatex Dinyatakan Sembuh

0
192

SUMEDANG,- Tujuh orang karyawan PT Kahatex yang menjadi pasien Covid-19 dinyatakan sembuh setelah adanya pernyataan dan surat keterangan sembuh oleh Direktur Utsms RSUD Sumedang Dr Aceng kepada Kepala Bagian (Kabag) Umum PT Kahatex, Luddy Sutedja, Senin (22/6).

Hal tersebut juga dibenarkan Ketua Satgas Covid-19 PT. Kahatex Tamami. Dikatakan, tujuh karyawan PT Kahatex positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh ini berasal dari lima wilayah di Kabupaten Sumedang dan dua asal Kabupaten Bandung.

“Setelah beberapa kali swab, dan sekitar 3 bulan dikarantina sejak dinyatakan reaktif, Alhamdulillah ketujuh pasien Covid-19 dinyatakan sembuh,” kata Tamami kepada wartawan usai konferensi pers, kemarin.

Menurutnya, setelah Pemkab Sumedang mengumumkan PSBB dan darurat Covid-19, PT Kahatex langsung menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Bahkan memasang tiga titik CCTV scaner seperti di Bandara. Tak hanya itu, wajib memakai masker pun kepada siapa saja orang yang memasuki kawasan kahatex diberlakukan.

“Setelah diberlakukan PSBB atau harus mengurangi jumlah karyawan, Kahatex juga sudah merumahkan sekitar 16.000 an karyawan, agar tidak terjadi kerumunan massal,” katanya.

Sementara Kabag Umum PT. Kahatex, Luddy Sutedja mengatakan, kronologis ketujuh karyawan Kahatex itu terpapar corona saat mengikuti acara keagamaan di Gereja di Bandung.

“Sebanyak 27 karyawan Kahatex ikut terlibat. Dan dari 27 itu semuanya langsung dirapid tes. dari ke 27 itu, setelah beberapa kali di rapid dan swab, keluar 7 reaktif rapid. Kemudian, kami isolasi mandiri di mess Kahatex dengan pengawalan dokter poliklinik Kahatex dan dari RSUD Sumedang,” katanya.

Dari tujuh orang itu, kemudian dilakukan perawatan intensif oleh kedua tim dokter. Kemudian, yang dua dinyatakan negatif dan sudah dulu sembuh dan dipulangkan.

Sementara sisa lima terdiri dari empat orang asal KTP Sumedang yang tinggal di Mess Citangulun Kecamatan Jatinangor dan satu orang asal KTP Kabupaten Bandung.

Ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang membantu dalam penanganan karyawan kahatex yang terpapar corona. Termasuk Pemerintah Kecamatan Jatinangor dan Cimanggung yang menerima kembali pasien sembuh di lingkungan masing-masing.

Dirut RSUD Sumedang Dr Aceng menambahkan, ketujuh pasien positif asal kahatex itu sebenarnya dua reaktif positif hasil rapid dan lima hasil swab. Sehingga, yang benar-benar dinyatakan positif ada lima orang. Namun, setelah di karantina beberapa bulan akhirnya sembuh dengan dibuktikan surat keterangan sembuh Covid-19 dari tim dokter.

“Total yang masuk daftar gugus tugas dan dikarantina di RSUD ada 13 orang, termasuk yang dari Kahatex. Alhamdulillah semuanya sembuh tinggal empat pasien lagi asal Sumedang Utara, Ujungjaya, dan Darmaraja,” ucapnya. (Abas)