Masyarakat Ciamis: Tidak Ada Kuwu Pesanan di Pilkades Serentak 15 Agustus Mendatang…!

0
323

CIAMIS, — Menjelang dilaksanakannya pilihan kepala desa (Pilkades) serentak se Kabupaten Ciamis yang direncanakanakan digelar pada tanggal 15 Agustus 2020 mendatang, banyak kalangan tokoh masyarakat di Kabupaten Ciamis, diantaranya H. Sar’o – Rancah, H. Suharno – Baregbeg Lakbok, Suja – Kawali serta Ketua Ormas Gibas cabang Rancah Gagan dan Ketua Ormas Manggala Garuda Putih Egi Sudrajat, mereka dengan tegas menyampaikan bahwasannya warga desa inginkan desanya ada kemajuan dalam hal yang positif untuk kemakmuran masyarakat desanya sendiri.

“Hal ini kembali kepada warga masyarakatnya selaku pemilih.Lebih lanjut kalau boleh berpesan karena intinya untuk kemajuan desa dan untuk kemakmuran warganya, maka pilihlah calon kades yang bermutu dan berkaulitas serta bernurani,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, untuk menjadi kepala desa bukan saja butuh orang yang pintar tapi dibutuhkan sosok kades yang jujur, adil dan berani dalam mengambil sikap keputusan dan kebijakan.

Ketua Gibas cabang Rancah menambahkan, mencari kades yang pintar itu banyak tapi mencari kades yang jujur itu sulit.

“Jadikanlah tahun 2020 sebagai gerbang awal perbaikan menuju desa sembada guna kemakmuran warga masyarakatnya dan pilihlah calon kades yang jujur dan berani untuk adil serta pastikan pilih calon kades yang sehat jasmani dan rohaninya,” tegas Gagan.

Sehingga, lanjut Gagan, ketika amanah itu ada di pundak kades, tidak sakarepe dewek atau merekedeweng, juga kades tidak sumuhun dawuh, manut kepada sistem yang di bangun oleh jajaran oknum pemdes yang kebijakanya tidak berpihak kepada masyarakat.

Egi Sudrajat menambahkan, tidak kurang oknum kades yang menjalakan fungsi tugasnya sumuhun dawuh alias banyak dijadikan bonekanya oknum jajaran perangkat desa.

“Pandai-pandailah masyarakat dalam memilih calon kades dan ingat pilihan anda sangat menentukan maju mundurnya pemerintahan desa,” tandasnya.

Tokoh masyarakat berharap kepada jajaran BPD selaku pemikul aspirasi masyarakat dan panitia Pilkades selaku penyelenggara, bekerjalah profesional jagalah marwah lembaga BPD dengan baik.

“Hindari dugaan masyarakat adanya konspirasi kongkalikong pemenagan salah satu calon kades karena adannya pesanan, jika inginkan desanya ada kemajuan,” ungkapnya.

TOKOH MASYARAKAT CIAMIS JUGA MENYAMPAIKAN berikut ini CIRI KUWU PESANAN & KUWU HARAPAN

√. Kuwu pesanan biasanya malu ketemu dengan warga masyarakat apalagi dengan warga yang di anggap bukan pendukungnya sementara.

√. Kuwu harapan biasanya hatinya Legowo lebih mengutamakan rekonsiliasi dengan para mantan rivalnya juga selalu mengajak perbaikan untuk kemajuan desanya.

Jh 898