Cegah Aksi Kriminal di Era Corona, Anggota Kompi I Yon A Por Brimob Jabar Tingkatkan Sinergitas dengan Satpam

0
89

Sumedang, – Satuan Pengamanan atau sering juga disingkat Satpam adalah satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/proyek/badan usaha untuk melakukan keamanan fisik (physical security) dalam rangka penyelenggaraan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya.

Kepolisian Negara Republik Indonesia menyadari bahwa Polisi tidak mungkin bekerja sendiri dalam mengemban fungsi Kepolisian. Oleh karena itu, lembaga satuan pengamanan secara resmi dibentuk.

Profesi satpam adalah profesi mulia dan strategis sebagai Garda terdepan dalam keamanan dan menciptakan jaminan perlindungan terhadap dunia usaha di Indonesia. Satpam adalah mitra Polri yang mengemban fungsi Wewenang Kepolisian Terbatas sesuai dengan UU No 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia pasal 3c, mengingat tanggung jawab Satpam pun tidak kalah penting dibandingkan pekerjaan lainnya.

Aksi kriminalitas setelah masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mengalami peningkatan. Polri pun mengancam tembak di tempat para pelaku kejahatan di sejumlah wilayah di tengah wabah virus corona (Covid-19) turut memicu terjadinya aksi kriminalitas. Kondisi jalanan maupun lingkungan yang sepi dimanfaatkan oleh para pelaku kriminal untuk beraksi.

Bharada Bambang Anggota Patroli Kompi 1 Batalyon A Pelopor melaksanakan Patroli himbauan agar selalu berhati-hati dalam melaksanakan aktivitas dan mengantisipasi apabila adanya tindak kejahatan di lingkungan masyarakat.Rabu (16/09/2020).

Dalam kegiatan patroli kali ini Anggota Patroli Kompi 1 Batalyon A Pelopor Bharada Bambang mengatakan, bahwa personel Brimob Jabar akan terus menjadi yang terdepan memberikan pengamanan baik kepada masyarakat maupun tempat-tempat yang rawan dari tindak kejahatan dan tak lupa untuk selalu berhati- hati saat bekerja pada masa Pandemi Corona ini dikarenakan kejahatan selalu mengintai dimanapun dan kapanpun.

“Sangat diatensi khususnya Security yang berada di Jatinangor yang sedang melaksanakan tugas dimohon untuk tetap waspada dan hati-hati, tetap ikuti anjuran pemerintah, jika kegiatan bapak -bapak selesai lebih baik cepat kembali kerumah, tetap jaga kesehatan dan kebersihan,” ujar Bharada Bambang dalam kegiatan patrolinya.

Di tempat terpisah, Komandan Satuan Brimob Polda Jawa Barat Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K., mengatakan “Terus menjadi yang terdepan dalam memberi himbauan serta ajakan kepada masyarakat untuk selalu mematuhi setiap anjuran pemerintah dalam menghentikan penularan wabah virus corona.”

Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K., menambahkan “kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat”.

“Ini merupakan wujud Bhakti Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Sumedang, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Brimob dengan Masyarakat dalam memutus mata rantai Virus Covid-19 ″, ujar Kombes Pol. Asep Saepudin.

Ia juga menuturkan “Dengan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh personil kami dilapangan diharapkan memberikan dampak positif sehingga masyarakat teredukasi dengan baik dan dapat mempedomani hal tersebut” Tutupnya.Yadi