Pencapaian Sektor 21 Jelang 3 Tahun Citarum Harum

0
78

BANDUNG,- Sektor 21 Citarum Harum  wilayahnya meliputi Kab. Bandung, Kab. Sumedang dan Kota Cimahi ini mempunyai 18 Subsektor, dikomandani Dansektor Kol Inf Yusep Sudrajat ini telah banyak hasil yang telah dicapai.

Bahkan saat ini Sektor 21 telah memiliki lahan pembibitan seluas 5 hektar dari Pemkot Cimahi. Lahan tersebut telah ditanami bibit pohon keras seperti mahoni, manglid, hanjuang, akasia, trembesi, kopi robusta, kopi arabika dan petey cina, cibesi, likeat, haru dan raksamala. 

Selain itu, terdapat pula bibit tanaman  buah-buahan seperti durian, menteng, sukun, nangka dan tanaman buah lainnya. Hingga saat ini telah menanam sebanyak 23.727 bibit pohon.

Di area ini pun dibangun pula posko, sarana dan prasarana lengkap untuk kepentingan personel seperti mushala, barak, kamar mandi dan aula. Saat ini tengah dibangun kolam untuk budi daya ikan.

Sementara data hasil Satgas Citarum Harum dari 18 Subsektor di wilayah Sektor 21 hingga pertanggal 30 September 2020 telah melaksanakan pembersihan sungai/membabad rumput/ilalang di area seluas 688.601 meter.

Satgas juga mengeruk dan mengangkat sedimen/lumpur sungai seberat 95.701 meter kubik. Paling banyak mengangkat sampah seberat 104.975.161 kg dan telah membongkar 237 unit bangunan liar di bantaran dan di atas-anak sungai.

Selain itu juga Sektor 21 telah membuat 24 septictank, 29 kotak TPS dan 3 insenerator.  Saat ini di 3 wilayah Subsektor sedang dibangun sanimas dan TPS 3R. (Elly)