Dandim 0701/Banyumas Ikuti Upacara Peringatan HUT ke-75 TNI Secara Virtual

0
52

BANYUMAS,- Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf. Candra mengikuti Upacara Peringatan HUT ke-75 Tentara Nasional Indonesia secara virtual dipimpin oleh Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, di Gedung Pertemuan A. Yani Makorem 071/Wijayakusuma, Jl. Gatot Subroto, Desa Sokaraja Kidul, Banyumas, Senin (5/10/2020).

Upacara secara virtual tersebut dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo yang dilaksanakan di Istana Negara Jakarta. Adapun yang menghadiri upacara di Makorem Kolonel Inf. Dwi Lagan Safrudin, S.I.P (Danrem 071/Wijayakusuma), Kombes Pol. Drs. Didi Hardi Sopandi (Kepala SPN Purwokerto), Ir. Achmad Husein (Bupati Banyumas), dr. Budhi Setiawan (Ketua DPRD Kab. Banyumas),  Kombes Pol. Whisnu Caraka, S.I.K (Kapolres Banyumas), Letkol Inf Candra, S.E. M.I. Pol (Dandim 0701/Banyumas), Letkol Nav Marino Adam Darmawan, S.T., M.M. (Danlanud Jenderal Besar Soedirman), Letkol Laut (P) Bambang Marwoto, P.C.C, M.S (Danlanal Cilacap), Bapak Sunarwan, S.H.,M.H. (Kajari Purwokerto), Bapak Muh Arif Nuryanta, S.H.,M.H. (Ketua PN Purwokerto), Bapak Abdullah Mahrus, S.H.,M.H. (Ketua PN Banyumas) dan Para Kasi Korem 071/Wijayakusuma.

Dikatakan Presiden Republik Indonesia dalam amanatnya, Saya sampaikan ucapan selamat  kepada TNI pada  HUT ke-75, hari ulang tahun ini bukan hanya dilakukan oleh TNI tetapi oleh segenap bangsa. Tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang  Dasar Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara, TNI bukan hanya mempunyai tugas  operasi perang saja tetapi juga operasi selain perang  termasuk dalam menangani Pandemi covid-19 seperti saat ini.

Sebagai panglima tertinggi, saya menaruh harapan besar dan mendukung TNI, sering saya katakan bahwa dunia bergerak sangat cepat dan dinamis untuk itu renovasi harus segera dilakukan sesuai teknologi. TNI harus cepat konsolidasi dengan banyaknya  ancaman-ancaman baik konfensional dan non konfesional, terang Ir. Joko Widodo.

Dalam 5 tahun terakhir, TNI telah mereformasi dengan pembentukan organisasi baru, semua agar TNI semakin kokoh dalam menjalankan perannya. Reformasi tersebut harus didukung oleh reformasi prajurit dan kita harus mampu bersinergi dengan tehnologi makro, Untuk menguasai tehnologi lompatan harus memiliki kebijakan jangka Panjang, yang utama TNI akan mampu meningkatkan kemajuan.

Jiwa juang harus melekat dengan jiwa prajurit serta sinergi antar korps, instansi dan lainya, agar semakin kokoh dan untuk itu kita perlu TNI yang profesional yang terlatih dan selalu siap memenuhi panggilan tugas, setia mengawal Pancasila dan UUD 45.

TNI juga harus selalu aktif dalam pemadaman kebakaran hutan, selalu aktif dalam penanganan Covid-19, Pegang teguh amanat sapta marga dan sumpah prajurit untuk membawa Indonesia sebagai negara maju. Jelas Presiden Republik Indonesia.

Terkait dengan pelaksanaan kegiatan, Dandim 0701/Banyumas mengatakan, Upacara Peringatan HUT “ke-75 TNI tahun ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. “Upacara peringatan HUT Ke-75 TNI ini dilaksanakan secara virtual diseluruh jajaran TNI dikarenakan masih adanya pandemi Covid-19”, terangnya.

Dikatakannya, hal tersebut dilaksanakan sebagai upaya pencegahan berkembangnya Covid-19 di kalangan prajurit, selain itu untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menjalankan protokol kesehatan Covid-19, dengan tidak menyelenggarakan kegiatan secara berkelompok.

“Meskipun dilaksanakan secara virtual, namun hal tersebut tidak mengurangi makna dari peringatannya itu sendiri,” katanya.

Dandim 0701/Banyumas, berharap di Hari Jadi TNI tahun 2020 ini, TNI harus semakin solid dan profesional dalam melanjutkan pengabdiannya kepada bangsa dan negara. Disamping itu, sesuai dengan tema yang diambil dalam peringatan HUT Ke-75 TNI ini, Sinergi Untuk Negeri yang bermakna kita TNI harus saling bekerja sama dengan Polri, Pemerintah Daerah dan segenap komponen bangsa lainnya untuk saling membantu masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan dan permasalahan yang ada. Jelas Dandim. (kris)