Dandim 0610/Sumedang: Peran KBT Sangat Dibutuhkan

0
60

SUMEDANG,- Kodim 0610/Sumedang melaksanakan komunikasi sosial (komsos) dengan Keluarga Besar TNI (KBT) di aula Juang Apet Makodim 0610/Sumedang jalan Pangkor, No. 164, Kelurahan Pasanggrahan Baru, Kecamatan Sumedang Selatan, Kamis (8/10).

Adapun tema yang diusung kali ini adalah “Aksi Nyata Bela Negara Keluarga Besar TNI (KBT) di era kekinian”.

Komandan Kodim 0610/Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa dalam pembukaanya menyampaikan pembinaan Keluarga Besar TNI (KBT) ini merupakan salah satu metode pembinaan teritorial yang menjadi wahana untuk mencapai kesepahaman dan persepsi tentang pembinaan wilayah pertahanan di darat kepada seluruh komponen bangsa termasuk Keluarga Besar TNI.

“Kegiatan seperti ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk bersilahturahmi dan saling tukar menukar informasi terkait dengan kendala yang ada serta dapat memberikan masukan yang berharga, guna meningkatkan kinerja satuan ke depan dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok Kodim. Sebab KBT ini sangat membantu karena jumlah anggota Kodim terbatas.  Untuk itu peran KBT sangat dibutuhkan,” jelasnya.

Ditambahkan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adaIah untuk mewujudkan hubungan antara Prajurit TNI AD dengan Keluarga Besar TNI yang lebih harmonis serta menumbuhkan kesadaran bela Negara bagi organisasi Keluarga Besar TNI guna mendukung tugas Pokok TNI AD dalam mitigasi bencana alam guna menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI, dan untuk saat ini bisa membantu pemerintah untuk menyadarkan warga tentang pentingnya pemakaian masker.

“Dalam menghadapi perubahan tatanan normal baru atau new normal. Agar selalu waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga pola hidup sehat, memakai masker saat bepergian dan membawa hand sanitizer, mencuci tangan serta tetap menjaga jarak antar sesama guna mencegah terjadinya penularan Covid-19,” tegasnya.

“Mari bersama-sama kita patuhi protokol kesehatan yang telah disampaikan pemerintah, sehingga kita bisa mencegah terjadinya penyebaran virus corona,” tambah dandim.

Dandim juga menyampaikan untuk mengatasi kesulitan ekonomi dimasa pandemi covid 19 ini masyarakat bisa bercocok tanam dengan media polybag maupun pemamfaatan tanah kosong yang ada disekitar kita dan Kodim 0610/Sumedang sudah melaksanakan kegiatan 4.610 yaitu menanam 4 jenis tanaman, terong, cabe rawit, cabe kriting dan tomat.

“Diharapakan dengan kegiatan ini bisa mengurangi beban kebutuhan keluarga kita, dan lebih lanjutnya lagi bisa menambah penghasilan ekonomi keluarga dan juga kegiatan 4.610 ini semoga bisa dilakukan oleh warga masyarakat sekitar,terutama oleh keluarga besar TNI yang hadir pada kesempatan ini,” pungkas dandim. (Abas)