Tim Gabungan Batalyon A Pelopor Brimob Jabar Kawal Pengamanan Unras di Ciamis

0
72

Ciamis, Gelombang penolakan UU Cipta Kerja atau lebih dikenal dengan UU Omnibus Law terus terjadi di beberapa daerah di Indonesia dan bahkan ada yang berujung anarkis dengan melakukan pengerusakan fasilitas umum, untuk itu guna mengantisipasi hal serupa jajaran Satbrimob Polda Jabar menyiagakan personilnya untuk melaksanakan back up pengamanan di wilayah – wilayah Polres jajaran Polda Jawa Barat.

Sabtu (10/10/2020) 1 SSK pasukan PHH gabungan Kompi 3 dan 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Jabar dipimpin oleh Danki 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Jabar Iptu R. Hasan Sadikin melaksanakan kegiatan BKO Polres Ciamis dalam rangka pengamanan aksi Unjuk Rasa penolakan pengesahan UU Omnibus Law di Kantor DPRD Kabupaten Ciamis guna mengantisipasi kerusuhan di beberapa daerah di Jawa Barat.

Diawali dengan Apel Petugas gabungan personil pengamanan dari Polres Tasikmalaya Kota, TNI dan Brimob dipimpin oleh Kapolres Ciamis AKBP Doni Eka Putra, S.I.K., M.H. dan dilanjutkan dengan arahan dari Danki penugasan Iptu R. Hasan Sadikin, setelah itu Danki penugasan mengikuti kegiatan TFG dipimpin oleh Kabag Ops Polres Ciamid Kompol Yopi Mulyawan Suryawibawa, S.Pd., S.I.K. terkait SOP pengamanan Aksi Unjuk Rasa.

Massa Dari gabungan Aliansi Mahasiswa Ciamis dan Ormas PP serta GMBI tiba di depan Kantor DPRD Kabupaten Ciamis dan berorasi selanjutnya Bupati Ciamis dan Ketua DPRD Kabupaten Ciamis didampingi anggota DPRD yang lain menemui massa dan berjanji akan meneruskan surat penolakan UU Omnibus Law ke Presiden, setelah itu massa berangsur-angsur membubarkan diri dengan aman dan tertib, adapun anggota Kompi penugasan melaksanakan standby memantau situasi.

Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K mengatakan, “Selama kegiatan unjuk rasa penolakan UU Omnibus Law berlangsung jajaran Satbrimob Polda Jabar akan terus mengawal dan mengamankan jalannya aksi yang aman dan damai namun apabila terjadi pengerusakan dan kerusuhan makan sesuai tahapan para perusuh ini akan ditindak tegas sebagai wujud dari Bhakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat”.

‚ÄúSituasi Gedung DPRD Kabupaten Ciamis aman dan kondusif setelah Bupati Ciamis dan Ketua DPRD Kabupaten Ciamis hadir bersama massa pengunjuk rasa menolak pengesahan UU Cipta Kerja/Omnibu Law, selanjutnya jajaran Kompi penugasan Satbrimob Polda Jabar tetap standby memantau situasi di lapangan guna mencegah terjadinya kerusuhan dari massa yang lain seperti yang terjadi di Kota Bandung”. Ujar Asep Saepudin. Yadi