Siaga SAR Brimob Jabar, Antisipasi Bencana longsor dengan Patroli Lokasi Rawan Longsor di Sungai Cicenang Wates Subang

0
44

Subang, Senin (02/11/2020)- Dalam situasi cuaca dan iklim di Indonesia khususnya di Jawa Barat yang tidak menentu dan sudah di mulainya musim penghujan, 1 SST SAR Kompi 2 Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jabar Dipimpin Oleh Aiptu Dedi Jayusman, S.Pd Melaksanakan giat siaga Patroli SAR mengecek lokasi-lokasi Rawan longsor di wilayah Wates Subang.

Dalam patrolinya Brimob Jabar mencatat lokasi mana saja yang membahayakan bagi masyarakat dan mengingatkan warga masyarakat apabila terjadi hujan deras dan memastikan keamanan daerah dekat titik rawan agar masyarakat selalu siaga apabila terjadi bencana longsor.

Mengingat patahan lembang atau sesar lembang adalah sebuah patahan geser aktif yang terletak di kecamatan lembang, yang kemungkinan dapat menjadi pemicu utama terjadinya tanah longsor.

Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K., juga Menambahkan ” Daerah Cikole ini berada di tempat yang rawan bencana, seperti sesar Lembang gunung Tangkuban Perahu yang memiliki potensi sangat membahayakan untuk keselamatan Mako Batalyon B Pelopor, maka dari itu kegiatan siaga SAR ini diharapkan mampu untuk kita gerakan di saat dibutuhkan sewaktu-waktu” Imbuhnya

Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K., menambahkan “kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat”.

“Ini merupakan wujud Bhakti Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Subang, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Brimob dengan Masyarakat dalam mengantisipasi bencana‚Ä≥, ujar Kombes Pol. Asep Saepudin.

Dengan kesiapsiagaan tim SAR dari Brimob Jabar dan persiapan yang matang yang dapat mengajak juga masyarakat di sekitaran tempat rawan tersebut membentuk sebuah komunitas Destana ( Desa tangguh bencana ) dengan sudah terbentuknya Destana diharapkan menjadi motivasi bagi desa-desa lainnya untuk melakukan hal yang sama agar makin bertambahnya Desa tangguh bencana serta para warganya semakin paham tentang mitigasi bencana. Yadi