Dansat Brimob Polda Jabar Hadiri Gelar Sarpras Menghadapi Siaga Bencana Alam di Wilkum Polda Jabar

0
52

Bandung Rabu (04/11/2020)Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K., yang diwakili oleh Danyon A Pelopor Kompol Sudhyono mengikuti kegiatan apel gelar Sarana dan Prasarana dalam rangka menghadapi Siaga Bencana Alam di Wilayah Hukum Polda Jabar yang dilaksanakan di depan Gedung Sate Jl. Diponegoro No. 22, Citarum, Kec. Bandung Wetan.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan dihadiri oleh Pangdam III Siliwangi Mayjen Nugroho Budi, Kapolda Jabar Irjen Pol. Rudy Sufahriadi, Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K., yang diwakili Danyon A Pelopor, Kepala BPBD Provinsi Jawa Barat Dani Ramdan beserta para personel TNI, Polri, Basarnas, PMI dan Instansi terkait lainnya.

Ridwan Kamil mengatakan kepada media bahwa, “Kami telah mengirimkan surat edaran (SE) kepada masing – masing Kepala Daerah di 27 Kabupaten/Kota di Jabar. Surat tersebut berisi tentang antisipasi bencana di musim hujan, Di kami kebencanaan ini 60 persen adalah hidrologis. Hidrologisnya terbagi dua untuk yang dari Jabar tengah ke utara bentuknya banjir, dan tengah ke selatan bentuknya longsor. Karena Jabar secara geografis tengah ke utara dan tengah ke selatan lahan – lahannya miring”.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menerapkan Siaga 1 Bencana sejak September 2020. Penerapan tersebut merupakan langkah antisipatif Jabar saat memasuki musim hujan.

Menurut Emil, Pemprov Jabar pun menyiapkan cetak biru Jabar sebagai Provinsi berbudaya tangguh bencana (Resilience Culture Province). Budaya Tangguh Bencana Jabar ini akan ditanamkan kepada seluruh warga melalui pendidikan sekolah sejak dini hingga pelatihan.

Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K., yg diwakili Danyon A Pelopor Kompol Sudhyono menambahkan, “Kami dari jajaran Satuan Brimob Polda Jabar telah mensiagakan baik personel SAR beserta peralatan – peralatan pendukung yang siap digunakan dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Jawa Barat, kami siap siaga apabila digerakkan sewaktu – waktu dalam mengantisipasi bencana alam. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud Bakti Brimob dalam menghadirkan Negara ditengah – tengah masyarakat”. Yadi