Pemkot Bandung Klaim Penyebaran Covid-19 Terkendali

0
40

BANDUNG, — Pemerintah Kota Bandung mengklaim angka reproduksi penyebaran virus corona di stabil di bawah satu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, yang juga ketua gugus tugas Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, saat ini Dinas Kesehatan (Dinkes) masih terus melakukan pengawasan dengan pengetesan masif.

Berdasarkan data pusat informasi Covid-19 (Pusicov) jumlah warga kasus positif terpapar corona masih bertambah. Hingga Selasa 3 November 2020, jumlah pasien aktif mencapai 245 orang.

Jumlah tersebut bertambah 21 orang dari hari sebelumnya, atau Senin 2 November 2020. Meski angka pasien aktif terus bertambah, Ema mengklaim jika penyebaran virus corona masih terkendali.

“Terpenting bagi kita adalah masih terkendali, salah satu ukurannya adalah angka reproduksi yang angkanya masih tetap di bawah satu,” katanya saat di Pendopo, Kota Bandung, Rabu (4/11/2020).

Menurut Ema, penambahan kasus positif itu merupakan konsuensi dari pengawasan yang dilakukan Dinas Kesehatan. Selama pengetesan terus dilakukan, kata dia, maka pasien aktif akan terus ada.

“Kalau kita diam, angka (pasien aktif) itu akan menurun, tapi kita tidak ke sana. Pengawasan ini prosesnya, traking, tresing dan testing, kalau itu dilakukan sebuah keniscayaan dan kita coba perhatikan dalam satu minggu, selalu naik turun,” ujar Ema.**