Para Siswa SMPN 2 Perpanjangan Satgas Dibekali Program Citarum Harum

0
54

BANDUNG, — Pasimin Ops, Satgas Citarum Harum, Lettu. Inf. Kisworo mengapresiasi peserta sosialisasi program Citarum Harum di kantor Desa Buahbatu Kec. Bojongsoang Kab. Bandung yang dihadiri 70 warga dan 40 siswa SMPN 2 Bojongsoang, Kamis (12/11-2020).

Lettu Inf. Kisworo yang mewakili Dansektor 21 Kol. Inf. Yusep Sudrajat menyatakan, antusiasme peserta menunjukkan perhatiannya terhadap pentingnya program Citarum Harum untuk mengembalikan Citarum sebagai sungai bersih seperti pada awalnya.

“Kami bangga, sosialisasi ini dihadiri para siswa penerus bangsa dan antusiasme para peserta yang mengajukan pertanyaan. Ini menunjukkan dukungan terhadap program Citarum Harum, ” kata Lettu Kisworo.

Menyinggung tentang penjebolan tanggul yang dibuat warga, Pasimin Ops menyebutkan, tanggul itu dibuat oleh warga untuk pengairan sawahnya sehingga selain menumpuknya sampah juga menimbulkan banjir karena sedimentasi.

“Saat itu Dansektor yang investigasi sendiri ke lapangan dan menyelesaikannya. Karena memang penanggulan itu tanpa ijin sehingga tanggul itu dibongkar sehingga sungai bersih dan tidak banjir lagi.

Sementara Kepala Desa Bojongsoang Asep Supriatna menyatakan rasa gembiranya karena sosialisasi ini melibatkan siswa yang berarti akan munculnya budaya bersih dan sehat.

“Sebab, program Citarum Harum ini perlu difahami dan diterapkan di kalangan anak-anak muda dan remaja agar jika sudah dewasa mereka terbiasa hidup bersih dan sehat.

Anak sungai di Desa Bojongsoang, hanya Cidurian yang areanya tidak terbatasi kewilayahan dengan kemungkinan sampah bawaan yang masuk ke desa ini. Di lain pihak perlunya ditingkatkan kesadaran masyarakat.

Kades Asep berharap TNI Satgas Citarum Harum bukan saja sosialisasi melainka juga ke lapangan memberikan edukasi langsung kepada masyarakat.*

Elly Susanto