Berikan Penghargaan ke Anggota Berprestasi, Dansat Brimob Jabar Intruksikan ini ke Jajaran

Kab. Sumedang – Senin (22/11/2021)Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., memimpin Apel Gelar Kesiapan Bencana Alam, Pemberian Hadiah Lomba Ketangkasan Lapangan Brigade Mobile (KLBM) dan Penghargaan pada Personil yang telah selesai melaksanakan pengamanan Peparnas XVI di Papua Tahun 2021.

PotoDPoto: Brimob Polda Jabar Kombes Pol Drs Yuri Karsono (Tengah) saat memberikan penghargaan kepada anggota berprestasi di Lapangan Upacara Mako Brimob Polda Jabar Senin (22/11/2021)

Bertempat di lapangan apel Mako Sat Brimob Polda Jabar Jl. Kolonel Ahmad Syam No. 17A kegiatan tersebut dihadiri oleh para Danyon Pelopor, Danden Gegana, para Pejabat Utama, personel penerima penghargaan dan anggota dari masing – masing Batalyon Pelopor maupun Detasemen Gegana.

Kombes Pol. Yuri Karsono pada saat arahan mengatakan, “Pada kesempatan ini yang berbahagia ini saya ingin mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung kembali kepada para personel yang telah selesai dan sukses melaksanakan tugas pengamanan dan pengawalan atlet disabilitas provinsi Jawa Barat dalam rangka kegiatan Paralimpik Nasional ke-XVI tahun 2021 di Provinsi Papua.

Untuk itu saya ingin mengucapkan terima kasih dan meberikan apresiasi yang setinggitingginya atas dedikasi dan loyalitas rekanrekan yang di berilan dalam melaksanakan tugas sehingga tugas tersebut dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya hambatan yang berarti.

Perlu diketahui bersama bahwa Paralimpik Nasional ke-XVI tahun 2021 ini untuk pertama kalinya dilaksanakan di Provinsi Papua dengan mempertimbangkan tingkat kerawanan dan aspek keamanan, maka kita diminta untuk turut menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di tanah papua, terutama kepada seluruh kontingen atlet disabilityas yang berasal dari provinsi jawa barat.

Oleh karena itu, kita diperintahkan untuk melaksanakan tugas pengamanan dan pengawalan kepada kontingen atlet disabilitas yang berasal dari provinsi jawa barat. hal ini dikandung maksud agar seluruh kontingen kita yang berasal dari jawa barat, dapat fokus dalam bertanding tanpa memikirkan hal – hal yang dapat mengganggu keamanannya.

Baca juga :  Antisipasi C3, Dua Anjal Diamankan Polsek Jatinangor

Berkaitan dengan hal tersebut, saya atas nama pribadi dan kesatuan ingin memberikan penghargaan dansat brimob polda jabar atas keberhasilannya melaksanakan tugas pengamanan dan pengawalan atlet disabilitas provinsi jawa barat dalam rangka kegiatan paralimpik nasional ke-xvi tahun 2021 di provinsi papua, ini merupakan sebagai bentuk apresiasi dari kesatuan kepada angota yang dinilai telah melebihi kewajiban tugas pokoknya”.

“Berkaitan dengan dinamika tantangan tugas yang semakin kompleks kepolisian negara republik indonesia khususnya Satbrimob Polda Jabar. ada beberapa hal yang akan saya sampaikan, yaitu sebagai berikut :

Pertama, tingkatkan terus ketaqwaan terhadap allah swt tuhan yang maha esa dan pelihara kondisi fisik serta mental para personel untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. tampilkan sikap humanis, awali pelayanan dengan senyum, salam dan sapa serta hindari sikap arogansi dan kesewenang – wenangan;

Kedua, melaksanakan tugas pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat dengan penuh rasa ketulusan dan keikhlasan serta pelihara semangat pengabdian yang siap membantu dan melayani masyarakat kapanpun dan dimanapun;

Ketiga, tingkatkan kepekaan terhadap situasi lingkungan dan lakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan peran fungsi intelijen di lapangan untuk mengetahui dinamika dan perkembangan situasi di masyarakat, sehingga semua potensi yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas dapat diantisipasi sedini mungkin; keempat, terkait dengan penanganan bencana alam, patut kita antisipasi bahwa menurut data dari BMKG, curah hujan.

Baca juga :  Satgas Tetap Awasi Terjadinya Penumpukan Sampah Di Samping Sungai

Di Jawa Barat diprediksi akan meningkat dari kondisi normal akibat fenomena la nina, kondisi tersebut berpotensi tinggi dapat menyebabkan terjadinya bencana alam hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor di sejumlah wilayah di indonesia khususnya provinsi jawa barat, untuk itu saya memberikan instruksi agar menyiapkan sejumlah langkah antisipatif, seperti koordinasi, hingga simulasi, yaitu sebagai berikut :

1. melakukan koordinasi, kolaborasi, dan komunikasi dengan pemda, tni, bpbd, serta stakeholder lainnya untuk memetakan daerah rawan bencana serta melaksanakan tactical floor game (tfg) terkait dengan penanggulangan bencana alam termasuk fasilitas penampungan korban bencana alam dan dapur umum;
2. menyiapkan personel, peralatan dan sarana prasarana guna antisipasi, evakuasi dan memberikan pertolongan kepada korban bencana alam (sebagai contoh kendaraan dengan peralatan untuk mengevakuasi korban banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang);
3. melaksanakan latihan dan simulasi secara rutin dalam rangka menghadapi bencana alam, dan pertolongan pertama kepada setiap korban.
4. mengecek kembali peralatan sar yang dimiliki pada masing-masing jajaran apabila ada yang mengalami kerusakan segera di perbaiki guna mendukung pelaksanaan tugas penanganan bencana alam.

“Dan yang terakhir, pada setiap pelaksanaan tugas baik didalam maupun diluar kesatuan senantiasa harus selalu menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. setiap personel harus selalu menjaga kesehatan serta kebersihan demi menekan penyebaran virus covid-19 di jajaran Satbrimob Polda Jabar”. Pungkas Yuri Karsono.

BeritaTerkait

Next Post