Pemprov DKI Jakarta Hadirkan Bahan Baku Murah bagi Anggota Jakpreneur

JAKARTA,– Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta bersama Perumda Pasar Jaya menghadirkan program pemberdayaan UMKM di DKI Jakarta yang bertajuk ‘Close Loop bagi Kesejahteraan Jakpreneur’.

Program ini hadir dengan menyediakan bahan baku murah bagi para pelaku usaha yang tergabung dalam keanggotaan Jakpreneur.

Plt. Kepala Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta, Andri Yansyah, menyampaikan, Grand Launching Program Close Loop dilaksanakan pada Rabu (23/6) secara daring dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan yang ketat di lokasi masing-masing. Andri mengungkapkan, sejatinya Soft Launching Program Close Loop ini telah dilakukan pada November 2020 dan programnya pun terus dikembangkan.

“Ini ditujukan sebagai upaya membantu pemulihan perekonomian UMKM dalam perolehan bahan baku murah di Ibu Kota. Yang mana program ini merupakan pengembangan dari program-program pembinaan dan pemberdayaan UMKM sebelumnya pada November 2020 lalu,” ujar Andri, di Kantor Dinas PPKUKM, seperti dikutip dari ppid.jakarta.go.id, Rabu (23/6).

Baca juga :  Kontrol Publik dalam Pencegahan Korupsi Lebih Komperhensif

Andri mengatakan, bahan baku murah bagi binaan Jakpreneur tersebut sudah disiapkan oleh Perumda Pasar Jaya melalui gerai-gerai yang tersebar di seluruh wilayah di DKI Jakarta, seperti Mini DC, Jak Grosir, dan JakMart. “Di Mini DC ada 51 gerai, Jak Grosir 4 gerai, dan JakMart 34 gerai,” imbuhnya.

Dari semua gerai tersebut, lanjut Andri, terdapat target penerima manfaat sebanyak 250 UMKM binaan setiap Triwulannya. Diharapkan, program Close Loop ini dapat meningkatkan produktivitas pelaku UMKM untuk terus berproduksi dan berdaya saing di wilayah DKI Jakarta.

Baca juga :  Antisipasi Kriminalitas, QR Polsek Sukasari Lakukan Giat Pengecekan Gerai ATM.

Untuk diketahui, dari hasil evaluasi dampak kegiatan yang telah dilakukan pada November 2020 lalu hingga saat ini, terdapat beberapa hal yang telah dicapai Pemprov DKI Jakarta melalui program Close Loop, sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kapasitas bisnis UMKM
  2. Meningkatkan kemampuan berdaya saing
  3. Membuka akses pasar/Bahan Baku Murah
  4. Memperkuat dan mempertangguh UMKM menghadapi pandemi COVID-19
  5. Pendampingan pendaftaran Jakpreneur, market place melalui program Close Loop

“Hingga saat ini, sudah ada 590 binaan Jakpreneur yang menjadi penerima manfaat atas program ini. Dengan total transaksi sebesar Rp.102.618.700 yang tersebar di seluruh DKI Jakarta. Insya Allah, program ini akan terus berlanjut untuk memudahkan para pelaku UMKM bertahan di masa pandemi,” pungkasnya. []

Sumber: PPID Jakarta

BeritaTerkait

Next Post