Sat Brimob Polda Jabar “Back Up” Pengamanan Hasil Pilkades di Garut

Garut, – Gelaran Pemilihan Kepala Desa Serentak pada tanggal 8 Juni 2021 sudah selesai namun atmosfer Calon Kepala Desa di beberapa Desa yang kalah khususnya dari massa pendukung Kepala Desa yang kalah sering menimbulkan konflik yang dapat berkembang menjadi tawuran antar massa atau pengerusakan fasilitas.

Untuk itu guna mencegah hal tersebut sampai terjadi Jajaran Satbrimob Polda Jawa Barat memberangkatkan 1 SST Pasukan dengan kualifikasi Anti Anarkis ke wilayah hukum Polres Garut dibawah pimpinan Danki 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Jabar Iptu R. Hasan Sadikin.

Tahap pemungutan dan penghitungan suara Pilkades di wilayah Garut Selatan sudah selesai sampai dengan Sidang Pleno penetapan Kepala Desa terpilih namun di Kecamatan Singajaya salah satu kelompok massa pendukung calon Kepala Desa yang kalah menggerudug Kantor Desa untuk memaksa penghitungan ulang dan ini dapat menimbulkan kerusuhan serta pengerusakan fasilitas Negara.

Baca juga :  Tingkatkan Mutu Pendidikan, USB YPKP Jalin MoU dengan KPID

Mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan 1 Peleton dengan kualifikasi Anti Anarkis jajaran Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Jabar dipimpin oleh Bripka Rendi Supriadi yang didampingi Danki 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Jabar Iptu R. Hasan Sadikin langsung bergeser ke Desa Karangagung Kecamatan Singajaya.

Hal tersebut dalam rangka back up pengamanan pemindahan Kotak Suara dari Kantor Desa ke Kantor Kecamatan Singajaya oleh Anggota Polres Garut untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan mengingat massa kepala Desa yang kalah menuntut membuka kotak suara untuk dilakukan penghitungan ulang.

Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., mengatakan “Kehadiran anggota Satbrimob Polda Jabar khususnya di wilayah hukum Polres Garut pasca pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Garut ini diharapkan dapat mencegah konflik sosial antar massa Pendukung karena hal tersebut apabila terjadi sangat menganggu situasi Kamtibmas sehingga sangat meresahkan masyarakat, ini merupakan wujud dari Bhakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam memberikan rasa aman dan nyaman”.

Baca juga :  Menyambut Hari Bhayangkara ke-74 Polda Jabar Gelar Donor Darah

” Jajaran Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Jabar yang saat ini sudah di lokasi Desa yang sempat ricuh oleh beberapa oknum massa pendukung yang dapat membesar apabila dibiarkan dan dapat merusak fasilitas Desa, untuk itu dengan melaksanakan kegiatan back up pengamanan di Desa Karangagung Kecamatan Singajaya bertujuan agar dapat mengantisipasi massa salah satu pendukung Calon Kepala Desa yang kalah.

Dengan kehadiran personil di lapangan bersama anggota Satwil ini mampun memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Garut sebagai wujud dari bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat” Pungkasnya. Yadi

BeritaTerkait

Next Post