Sidomulyo Ditetapkan Sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Lampung Selatan

LAMPUNG SELATAN, — Desa Sidomulyo, Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan, menjadi salah satu Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang di resmikan secara Launching di Halaman Balai  Desa Sidomulyo oleh Kadis Nakertrans Lamsel Anas Ansori, didampingi Kepala BPJS TK KCP Kalianda Robi Awaludin, Rabu (11/9/2019).

Dalam sambutan nya Kepala Desa Sidomulyo Misiran Sanjaya mengatakan, “Kami selaku Kepala Desa tentunya berharap Masyarakat antusias menyambut program ini, apapun bentuknya ini adalah program bagus tentu sangat di harapkan. Adalah masalah sosialisasi BPJS Ketenaga kerjaan sangat penting dan juga sangat berguna untuk jaminan sosial bagi para pekerja dan keluarganya.

Karna banyak program, kurang sosialisasi ke Masyarakat kurang paham, kami juga berharap kedepannya dari BPJS ada banyak program untuk bantu desa kami, sangat bersukur kepada BPJS yang telah memberikan pembaharuan kepada kami, tentunya di lunching yang pertama kedepannya akan semangkin sukses bagi masyarakat, dan berharap desa sidomulyo ini akan menjadi projeknya dan pertemuan pertama ini bisa berkesan.

Baca juga :  Cegah Penyebaran Varian Omicron Covid-19 Polsek Lengkong laksanakan Operasi Yustisi Stationer dan Mobile

Kepala BPJS Tk Kcp Kalianda,  Robi Awalludin menjelaskan, target kita Kalau bisa semua aparatur desa sudah ikut program ini, karna sudah di tuangkan dalam perbup 51 tahun 2018 oleh  Pemkab Lampung Selatan, jadi dengan dasar itu pemerintah Daerah atau Pemkab Lampung Selatan sudah mengkondisikan untuk perangkat desa sudah harus ikut, jadi Peserta BPJS  itu sudah dianggarkan jadi tidak perlu bingung untuk membayarnya.

Karna untuk perangkat desa tidak ada pembayaran, bisa diambilkan lewat dana DD ataupun ADD, dan untuk targetnya tahun ini semuanya sudah resmi bisa menjadi peserta BPJS Ketenaga kerjaan.

Karena ini sudah dianggarkan tinggal Pemerintah Kabupaten membuat perbupnya jadi nantinya perangkat desa, aparatur desa, termasuk Kades, Kadus, ya itu terlindungi program jaminan ketenaga kerjaan dan dari 256 Desa yang sesuai dengan pernyataan tadi semuanya perangkat desa harus masuk dalam program ini, karna kita  baru mencapai kurang lebih 10%  untuk tahun ini target sudah 100%.

Ia juga menambahkan dalam cara Lounching tersebut BPJS terbagi dua yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenaga kerjaan Desa Sadar’ Jaminan Sosial Ketenaga kerjaan sudah lama di sosialisasikan di desa-desa, BPJS Ketenaga kerjaan meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja, (JKK), Jaminan Kematian, (JK), Jaminan Hari Tua (JHU), dan Jaminan Pensiun (JP).

Baca juga :  Disnakertrankopukm Tanbu Laksanakan Pelatihan Wirausaha Pemula dan Perkoperasian

Anas Ansori mewakili Plt bupati Lamsel dalam Pemberian Simbolis kartu peserta kepada Kades dan Santunan Klaim ke Warga, acara selanjut di teruskan dengan simbolis penarikan Tirai Plang “Desa Sadar” Desa Sidomulyo yang di sertai pelepasan balon dan pelepasan burung merpati ke udara.

Iya juga menyapaikan pemerintah harus hadir setiap kehidupan masyarakat, salah satunya bentuk Jaminan Sosial Ketenaga kerjaan Karena ini belum terselesaikan dengan baik secara luas maka BPJS yang punya program untuk desa sadar BPJS Ketenaga kerjaan.

Patut kita apresiasi dan kita dukung juga dengan aturan di mewajibkanya setiap pekerja ikut di dalam BPJS Ketenaga kerjaan, kita dukung mengcover agar seluruh pekerja kita itu terlindungi oleh jaminan sosial ini.

Harapan kami ini bisa di kembangkan di desa-desa yang lain nya, dan keseluruh perangkat desa, dan seluruh para pekerja baik pekerja di pabrik, di kantoran, untuk mengikuti kegiatan ini, toh tidak mahal-malah dan juga bisa mensejahterahkan kita juga. unit Sepeda di dapatkan oleh bapak Sudarso.

Selamat-Andy

BeritaTerkait

Next Post