Sekda Sumedang Dampingi Wakil Ketua DPRD Sumedang Ziarah ke Makam Pangeran Kornel

SUMEDANG,– Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman mendampingi Wakil Ketua DPRD Ilmawan Muhammad saat melaksanakan ziarah ke Makam Pangeran Kornel, Pasarean Gede, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Rabu (20/4/2022).

Ziarah tersebut dilaksanakan dalam rangka Hari Jadi Sumedang (HJS) yang dibagi kedalam tiga tim (rombongan). Tim I dipimpin oleh Bupati ke Dayeuh Luhur dan Sindangpalay. Tim II dipimpin Wakil Bupati ke Gunung Puyuh. Sedangkan Sekda bergabung dengan Tim III yang dipimpin Wakil Ketua DPRD.

Sekda Herman usai ziarah menjelaskan, di Makam Pasarean Gede bersemayam para leluhur Sumedang dari mulai Pangeran Santri, Ratu Pucuk Umun, Pangeran Kornel dan leluhur Sumedang lainnya.

“Pangeran Kornel saya kira semua orang tahu, beliau sangat melegenda memimpin Sumedang dengan menjadi Bupati dari tahun 1791-1828. Bahkan menjadi Bupati Wadana memimpin para Bupati se-Jawa Barat kala itu,” ucapnya.

Baca juga :  Perangi Corona, Brimob Jabar Beraksi Disegala Situasi Berikan Himbauan Protokol Kesehatan

Pada masa kepemimpinannya, Pangeran Kornel pernah berhadap-hadapan langsung dengan seorang pimpinan Belanda pada kejadian di Cadas Pangeran.

“Saat Herman Willem Daendels membangun Jalan Poros Jawa Anyer Panarukan, salah satu yang paling sulit pembangunannya yaitu di Cadas  Pangeran dan banyak sekali warga yang menjadi korban,” kenang Sekda.

Dikatakan Sekda, Pangeran Kornel bangkit melawan para penjajah, berhadapan dengan Daendels dan meminta untuk tidak memaksakan diri pembangunannya.

“Akhirnya dikirimlah pasukan zeni sehingga pembangunan Cadas Pangeran berjalan tanpa harus mengorbankan warga lagi. Itulah keberanian Pangeran Kornel yang dikenang sampai hari ini,” ucap Sekda.

Baca juga :  Pamen Kodam IV Memiliki Fisik yang Prima

Ia berharap generasi penerus bisa mempunyai spirit para leluhur untuk dijadikan bekal dalam menyongsong masa depan.

“Kalau Pangeran Kornel berhadapan dengan Belanda. Kalau kita lebih berat lagi, yakni berhadapan dengan bangsa sendiri Itu tantangan buat kita supaya Republik ini lebih maju,” katanya.

Dengan momentum HJS, Sekda berharap Sumedang bisa menjadi lebih maju bukan hanya di Jawa Barat tapi di Indonesia.

“Itu adalah esensi Hari Jadi Sumedang. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Esok harus lebih baik dari hari ini. Dirgahayu Sumedang. Sumedang 2022 Melesat,” kata Sekda. (Bs/Hms)

BeritaTerkait

Next Post