Antisipasi Banjir, Tim Siaga SAR Brimob Jabar Rutin Cek Pintu Air Sungai di Musim Penghujan

Cirebon, – Memasuki musim penghujan yang terjadi saat ini dan meningkatnya curah hujan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir tentunya memerlukan perhatian tersendiri dari Tim Siaga SAR Kompi 1 Batalyon C Pelopor, memasuki musim pancaroba curah hujan tinggi pun terkadang masih terjadi di beberapa daerah di Wilayah 3 Cirebon.

Dengan situasi dan kondisi tersebut tentunya potensi bencana baik itu banjir dan tanah longsor di setiap wilayah pun sudah pasti akan selalu ada dan meningkat, mengingat kondisi beberapa sungai yang mulai dangkal dan curah hujan yang yang sangat tinggi tentunya akan meningkatkan potensi banjir di beberapa daerah.

Brigadir Toto Heriyanto selaku Danteam SAR saat melaksanakan kegiatan patroli menyampaikan, “dengan situasi dan juga kondisi yang terjadi tim Siaga SAR  dari Kompi 1 Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jawa Barat akan selalu rutin melaksanakan kegiatan pengecekan kondisi beberapa pintu air yang terdapat di beberapa kawasan di Kota dan Kabupaten Cirebon.

Baca juga :  Sat Narkoba Polres Sumedang Ungkap Kasus Narkotika Jenis Sabu

Hal ini merupakan sebagai bagian dari langkah antisipasi terjadinya bencana dan juga memastikan kondisi pintu air apakah masih baik atau tidak saat meningkatnya debit air akibat dari tingginya curah hujan yang terjadi di bagian hulu sungai”, jelas Brigadir Toto.

Komandan Satuan Brimob Polda Jawa Barat Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., dalam arahanya selalu menyampaikan “agar masing – masing Batalyon yang ada di Jawa Barat ini yang potensi bencananya besar dan sering sekali terjadi bencana alam baik itu banjir bandang, banjir kiriman, ataupun longsor serta kebakaran hutan untuk senantiasa selalu menyiagakan Tim SAR tanggap bencana, diharapkan para personil pun selalu aktif berkoordinasi dengan instansi terkait seperti BPBD dan Basarnas mengenai penanganan bencana nantinya”, tegasnya.

Batalyon C Pelopor sendiri setiap harinya selalu menyiagakan 1 Regu siaga SAR yang siap digerakan apabila bencana memang terjadi, potensi banjir memang akan selalu ada terlebih Kota Cirebon lokasinya merupakan bagian hilir dari wilayah Kuningan, Kabupaten Cirebon atau bisa dikatakan lokasi terakhir tempat mengalirnya air sebelum masuk ke laut sehingga potensi banjir memang sangat tinggi.

Baca juga :  144 Peserta Gada Bercahaya Kunjungi Markas Kodim 0703/Cilacap

Melihat kondisi wilayah dan juga kondisi cuaca ini, untuk itu lah tim sar akan terus melaksanakan koordinasi dengan seluruh pihak dan instansi terkait guna mengantisipasi segala potensi bencana yang bisa terjadi di musim penghujan seperti sekarang ini. Kunjungan dan sosialisasi tetap dilakukan para personil siaga SAR terutama kepada warga masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran sungai, agar nantinya apabila hujan lebat terjadi minimal warga masyarakat bisa melaksanakn tindakan sesuai SOP yang telah diberikan saat bencana terjadi.

BeritaTerkait

Next Post