Antisipasi Banjir Pasca Hujan, Tim SAR Bataliyon A Pelopor Rutin Cek Debit Air

Bandung, – Intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir mengguyur wilayah Jawa Barat khususnya Kota dan Kabupaten Bandung , dan Sumedang yang berada disekitar Mako Satbrimob Polda Jabar, menyebabkan sebagian daerah seperti Rancaekek, Solokan Jeruk dan Majalaya terendam banjir.

Tim Siaga SAR Batalyon A Pelopor Satbrimob Jabar saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut langsung melaksanakan Patroli SAR, guna mengantisifasi datangnya bencana baik Banjir ataupun tanah longsor.

Tim Patroli SAR yang berkekuatan 1 Regu SAR ini dipimpin oleh Bripka Sudarsono pada hari ini melaksnakan Patroli kedaerah-daerah rawan Banjir tersebut setelah hujan mengguyur dari sore hingga malam hari.

Baca juga :  Pantau Rumah Ibadah, Ini Pesan Wali Kota Bandung

Kegiatan Patroli SAR ini dilaksanakan untuk mempercepat memberikan bantuan atau pertolongan apabila terjadi Bencana. Tim Patroli SAR ini juga akan melaporkan situasi dan kondisi dilokasi kepada Pimpinan apabila terjadi bencana, dan memberikan masukan kepada pimpinan terkait peralatan dan perlengkapan apa saja yang harus dibawa pada saat melaksanakan Giat SAR bila ditemukan bencana.

Hanya saja pada Patroli kali ini tidak terdapat daerah yang terendam banjir, dan debit air sungai cikeruhpun hanya mengalami kenaikan sedikit dan masih dalam batas normal, salah satu sebabnya karena hujan didaerah hulu yakni, didaerah Tanjungsari dan Sukasari tidak terlalu deras.

“Setelah dilaksanakan pengecekan ke daerah Cikeruh Lio, buah dua dan Kaum Ranca ekek, Alhamdulillah tidak terdapat genangan air, arus lalu lintas jalan rayapun masih normal, dan debit air sungai Cikeruh hanya mengalami sedikit peningkatan,” ungkap Bripka Sudarsono.

Baca juga :  Dandim 0703 Cilacap Terima Kunjungan GM PT. Pertamina (Persero) Refinery IV Cilacap

Dalam kesempatan terpisah Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., menyampaikan, “Kita laksanakan Patroli SAR untuk antisifasi dini akan datangnya bencana, kita Anggota Brimob Jabar harus hadir ditengah-tengah masyarakat apabila terjadi bencana, dan kita berikan pertolongan kepada masyarakat. Kehadiran kita diharapkan bisa membantu masyarakat yang terkena bencana, dan sesuai dengan Motto Brimob Jiwa Ragaku demi kemanusiaan.” Ungkap beliau

BeritaTerkait

Next Post