Hadiri Sosialiasi Penerimaan Calon Taruna Pola Pembibitan Kemenhub, Ini PEsan Wabup Sumedang

SUMEDANG,– Pendidikan merupakan sektor penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sangat berperan dalam pembangun bangsa.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan pada saat memberikan sambutan pada sosialiasi penerimaan Calon Taruna/i Pola Pembibitan Kementerian Perhubungan Tahun 2022 bertempat di Hotel Asri Sumedang, Kamis (21/04).

Secara prinsip, dijelaskan Erwan, bahwa pendidikan harus mampu menghasilkan manusia yang unggul secara intelektual yang memiliki komitmen tinggi untuk berbagi peran sosial.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempublikasikan penerimaan calon taruna/taruna pola pembibitan kementrian perhubungan tahun 2022 kepada generasi muda khususnya di Kabupaten Sumedang yang memenuhi syarat berkarir menjadi ASN,” ungkap Erwan.

Terkait dengan hal tersebut, Erwan berharap para peserta sosialisasi yang berasal dari alumni SMA/MA di wilayah Kabupaten Sumedang dapat mendaftar dan mengikuti tahapan seleksinya sehingga dinyatakan lulus dab menjadi ASN di bidang transportasi.

“Saya mengimbau kepada para peserta sosialisasi agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan seoptimal mungkin, dengan harapan agar para siswa siswi setelah lulus sekolah dapat mengikuti seleksi taruna/taruni serta dinyatakan lulus,” kata wabup.

Sementara Ketua Pelaksana, Anisah M.M,  menyebutkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk menyebarluaskan informasi dan menarik minat generasi muda berkarir sebagai Aparatur Sipil Negara di bidang transportasi melalui Seleksi Penerimaan Calon Taruna Pola Pembibitan Kemenhub yang dilaksanakan oleh Politeknik Pelayaran Banten.

Baca juga :  Berbagi di Bulan Suci, Personel Polresta Bandung Bagikan Nasi Kotak Kepada Warga

Dijelaskan Anisah, kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 21 April 2022 bertempat di Hotel Asri, Jalan Mayor Abdurahman No. 225 Sumedang.

“Adapun para Plpeserta kegiatan sosialisasi ini yaitu perwakilan Kepala Sekolah/Guru dan Siswa SMA dan MA Jurusan IPA di wilayah Sumedang, ” ujarnya.

Heru Widada M.M selaku Direktur Politeknik Pelayaran Banten mengatakan Politeknik memberikan sosialisasi kepada siswa siswi dilingkungan Sumedang bisa mengabdi membuka peluang untuk mendidik calon aparatur sipil negara.

Heru menyebutkan Politeknik Pelayaran Banten atau Poltekpel Banten merupakan transformasi kelembagaan yang sebelumnya Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran Tangerang atau BP2IP Tangerang.

“Program studi yang saat ini dimiliki Poltekpel Banten dan sudah terakreditasi BAN PT adalah Diploma III Studi Nautika, Diploma III Permesinan Kapal dan Diploma III Manajemen Transportasi Laut, selain diklat-diklat kepelautan yang sebelumnya diselenggarakan ketika kelembagaan masih BP2IP Tangerang,” jelasnya.

Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni atau SIPENCATAR Dijelaskan Heru, merupakan rangkaian kegiatan penerimaan Calon Taruna/Taruni pada Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan yang terdiri atas beberapa tahapan seleksi dengan penerapan sistem gugur.

“Pola Pembibitan merupakan jalur Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni yang dilaksanakan secara terpusat dan serentak oleh Kementerian Perhubungan dalam rangka mengisi formasi jabatan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Perhubungan yang formasinya telah ditetapkan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan di bidang pendayagunaan aparatur negara, “ungkapnya lebih lanjut.

Baca juga :  Polisi di Subang Salurkan Bantuan Tunai kepada198 PKL dan Warung

Masih Dikatakan Heru, Politeknik Pelayaran Banten sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri dibawah Kementerian Perhubungan mendapat kepercayaan alokasi atau kuota Calon Taruna Pola Pembibitan yang dinyatakan lulus tahapan seleksi untuk dididik dan dibekali keterampilan, keahlian dan pembangunan karakter sebelum mengabdi menjadi Aparatur Sipil Negara.

Tentunya Kesempatan baik ini diharapkan Heru, terbuka luas bagi putera puteri terbaik bangsa yang memenuhi syarat dan sudah menjadi kewajiban bagi Politeknik Pelayaran Banten untuk menyebarluaskan informasi program Sipencatar ini kepada warga Sumedang yang diwakili oleh Kepala Sekolah/Guru dan Siswa/siswi SMA dan MA serta dihadiri juga oleh pimpinan serta pejabat di Kabupaten Sumedang.

“Kesempatan emas ini janganlah disia-siakan. Jika kita ingin mencapai tujuan yang tinggi maka kita harus mengambil peluang yang ada di hadapan kita. Kali ini salah satu peluang yang ada di depan kalian yaitu Seleksi Penerimaan Calon Taruna Pola Pembibitan Kementerian Perhubungan,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut dilakukan pula Penyerahan Cindera Mata oleh Direktur Poltekpel Banten kepada Wakil Bupati Sumedang. (bas/hms)

BeritaTerkait

Next Post